Tips Memotong Kuku Bayi Agar Tidak Luka atau Berdarah

Tips Memotong Kuku Bayi Agar Tidak Luka atau Berdarah – Pertumbuhan bayi yang begitu pesat membuat kita terkadang mengeluakan kata “Kok sudah besar saja, padahal baru lahir kemarin” hal ini sering diutarakan para orang tua saat melihat pertumbuhan anaknya. Sungguh hal itu membuat rasa bahagia yang tak terkira. Banyak hal yang dapat dilihat dari tumbuh kembang bayi dalam kehidupan sehari hari kita, mulai dari bayi bisa merangkak, rambut yang tumbuh panjang serta kuku kaki dan tanggannya yang tumbuh menjadi panjang.

Bayi baru lahir terkadang memiliki kuku kaki dan tangan yang panjang meskipun kuku tersebut masih lunak. Namun tak jarang kuku terutama tangan bayi dapat membuat wajahnya terluka akibat gesekan dari kuku yang sedikit tajam. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengindari muka bayi yang terkena cakar tangannya sendiri yaitu dengan cara memotong kukunya.

tips memotong kuku bayi

Memotong kuku bayi baru lahir tidak semua orang berani melakukannya, alasan utamanya karena takut terkena jari bayi itu sendiri. Sebagaimana kita ketahui bayi masih sering kaget jika kita hendak menggunting kukunya, bayi yang selalu menarik jari jarinya saat hendak dipotong yang membuat kita ragu karena takut terluka.

Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memotong kuku bai agar tidak terluka yang paling utama adalah pilih waktu yang tepat untuk memotongnya misalnya pada saat bayi sedang tidur. Gunakan potong kuku ataupun gunting kuku yang khusus bayi. Potong kuku ini biasanya kecil dan khusus dipergunakan bagi bayi. Potong kuku bayi secara bertahap tanpa terburu buru dan harus benar benar teliti satu per satu untuk memastikan jarinya tidak terluka.

Pastikan bayi anda dalam keadaan tidur nyenyak sehingga pada saat kuku dipotong bayi tidak kaget. Potonglah kuku bayi saat sudah tumbuh panjang agar tidak melukai jari tangannya. Karena kuku bayi bisa dibilang cukup tajam sehingga tak jarang tubuh bayi menjadi lecet dan berdarah akibat digaruk sendiri oleh si dede bayi. Semoga para ibu bisa memahami dan menjalankan trik memotong kuku untuk bayi ini. Jangan lupa ! Bunda juga harus mengetahui cara membersihkan telinga dan hidung bayi agar si buah hati mendapatkan jaminan kebersihan.

error: