Cara Membersihkan Telinga dan Hidung Bayi

Cara Membersihkan Telinga dan Hidung Bayi – Memiliki bayi yang tumbuh kembangnya sesuai masa pertumbuhan saat ini membuat para orang tua bahagia tiada tara. Mengapa tidak, saat melihat bayi yang selama ini dikandung kurang lebih 9 bulan tumbuh lincah tanpa kurang sedikit pun. Bayi harus selalu diperhatikan tingkat kebersihan tubuhnya, kebersihan makanan dan minumnya yang dapat menunjang kesehatannya. Ada pepatah yang mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Itu penting untuk terus anda jaga secara konsisten.

Pada saat bayi sedang dimandikan, tak kurang ibu selalu memperhatikan kebersihan badannya, kebersihan telinga dan juga hidungnya. Kadang-kadang pada bayi terdapat kotoran yang menempel di hidung dan juga di telinga. Namun sebagai orang tua, kita sering takut untuk membersihkannya karena takut jika bayinya terluka atau merasa tidak nyaman sehingga rewel. Anda sebagai ibu harus memberanikan diri untuk melakukan upaya membersihkan dengan catatan tidak boleh melukai atau menyakiti sang bayi.

cara memberishkan telinga dan hidung bayi

Namun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkannya yaitu, ambil kain halus yang berukuran kecil lalu lipat berbentuk kerucut pada ujungnya. Anda harus basahi sedikit dengan menggunakan baby oil lalu mulailah kegiatan membersihkan telinga atau hidung bayi secara perlahan. Jika hal tersebut sulit maka gunakan cotton bud khusus bayi yang berukuran kecil dan tentu saja juga halus.

Pada saat membersihkan hidung dan juga telingannya sebaiknya pada saat bayi sedang tidur agar bayi tidak bergerak sehingga memudahkan pekerjaan kita. Dalam membersihkannya, jangan terlalu dalam karena dikhawatirkan akan menimbulkan luka yang dapat mengganggu perkembangan bayi. Diperlukan kehati-hatian untuk melakukan hal ini, anda pun harus dalam kondisi nyaman agar semuanya berjalan lancar.

Tidak semua orang tua bernai melakukannya, kalau itu terjadi pada anda maka mintalah pertolongan pada bidan yang ada di lingkungan sekitar rumah anda. Atau datangi rumah sakit atau puskemas agar dibantu oleh bidan di sana. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan bidang atau dokter spesialis anak karena mereka adalah orang yang sudah mengetahui banyak hal tentang perawatan bayi yang benar.

error: