Bolehkah Bayi Minum Obat Saat Sakit?

Bolehkah Bayi Minum Obat Saat Sakit? – Saat sakit setiap orang kebanyakan akan mengkomsumsi obat sesuai dengan keluhan yang dirasakan. Mulai dari orang tua, dewasa, remaja, anak anak bahkan bayi juga akan diberikan obat saat mereka sakit. Kebanyakan orang berpikir dengan mengkomsumsi obat obatan penyakit mereka akan sembuh, namun tak jarang saat sakit orang juga pada saat sekarang juga berobat secara tradisional. Di Indonesia pengobatan dilakukan secara medis yaitu dengan pergi ke pusat pelayanan kesehatan ataupun juga dengan berobat tradisional seperti mengkomsumsi tumbuh tumbuhan yang berguna dalam menyembuhkan penyakit.

Saat bayi sedang sakit membuat orang tua akan merasa gelisah dan sedih, mengapa tidak bayi yang masih berusia bulanan saat sakit hanya bisa menagis saja tanpa menyebutkan keluhan yang dirasakan. Terkadang ada ibu yang mengatakan “mending penyakit itu dipindahkan kepada diriku, jangan anakku” . rasa sayang yang sangat tinggi kepada buah hati, membuat ibu rela melakukan apapun untuk anaknya agar bisa sembuh. Salah satunya dengan membawa ke dokter untuk melakukan pengobatan.

Bolehkah Bayi Minum Obat Saat Sakit

Sakit yang sering dialami bayi adalah batuk, pilik dan demam. Tiga penyakit ini lebih banyak kasusnya pada bayi, lalu apa yang bisa kita lakukan saat bayi sakit. Bolehkah bayi mengkonsumsi obat-obatan yang sebgaimana diketahuai obat juga ada campuran bahan kimianya. Pada saat bayi sakit sebaiknya orang tua harus benar benar jeli, perhatikan gejala yang dialami bayi saat sakit sehingga obat yang diberikan juga sesuai dengan kondisi yan dialami. Tidak ada salahnya saat bayi sedang sakit diberikan obatan medis. Umur yang paling aman bayi mengkomsumsi obatan medis yaitu pada usia bayi diatas 3 bulan.

Usia bayi diatas 3 bulan sangatlah aman untuk pemberian obat. Tetapi alangkah baiknya lagi saat bayi sakit gunakan obat alamiah untuk mengobatinya. Misalnya pada saat anak demam, maka kompreslah. Perhatikan asupan minuman pada bayi. Beikan ASI yang adekuat sebagai obat untuk mengatasi demamnya. Pada saat bayi batuk, oleskan minyak telon pada bagian punggung dan juga dadanya. Jemur bayi dipagi hari untuk mengurangi batuknya. Hindari penggunaan obat-obatan kimia pada bayi, tetapi jika sudah memang tidak ada jalan lain maka pengobatan pada bayi bisa diberikan sesuai resep dan ajuran dokter. Perhatikan dosis obat untuk bayi serta waktu yang tepat dalam pemberiannya.

error: