Tips Menghilangkan Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal

Tips Menghilangkan Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal – Melahirkan bayi dengan sehat dan selamat merupakan impian setiap orang tua. Tak jarang ibu hamil pada saat telah memasuki usia kehamilan 8 bulan keatas sudah berpikir yang macam macam. Mulai dari rasa takut saat menghadapi persalinan, rasa sakit yang akan dirasakan yang saat kontraksi yang menurut banyak orang melebih rasa sakit patah tulang.

Pemikiran seperti inilah yang mebuat ibu hamil takut melahirkan secara normal. Tapi jangan salah, melahirkan normal ataupun SC (sesar/caesar) mempunyai rasa sakit yang sama. Jika normal rasa sakitnya sebelum bayi lahir, beda halnya dengan SC yang rasa sakitnya setelah bayi lahir. Jadi sebelum anda melakukan persalinan perlu dipertimbangkan dulu apa yang akan terjadi nantinya. Anda harus punya kesiapan mental agar bisa melalui fase persalinan tersebut. Namun dokter tentu saja akan punya pertimbangan untuk anda. Jika tubuh anda kuat menahan persalinan normal maka lakukanlah.

melahirkan normal

Rasa sakit yang dirasakan saat lahir normal merupakan hal yang lumrah pada saat melahirkan secara normal. Rasa sakit itu merupakan indikator yang untuk mengukur kemajuan persalinan, walaupun terkadang juga tidak. Jika kontraksi saat alan bersalin, akan membuat jalan lahir makin terbuka sehingga kepala semakin terdorong membuka jalan lahir. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa sakit melahirkan normal? Jawabnya tentu tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya jika ibu akan melahirkan normal. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengurangi rasa sakitnya.

Mengurangi rasa sakit saat persalinan yaitu dengan melakukan teknik relaksasi. Relaksasi dilakukan pada saat terjadinya kontraksi atau mules. Caranya dengan menghirup nafas panjang melalui hidup dan membuangnya secara berlahan melalui mulut. Berpikir positi dan juga banyak berdoa saat akan bersalin, akan membuat ibu percaya diri dan rasa sakitpun akan sedikit berkurang. Dukungan eosional terutama dari suami akan membuat ibu menjalani persalinan dengan nyaman. Temukan posisi yang nyaman saat sedang kontraksi, misalnya dengan duduk ataupun baring mengubah posisi tidur. Makan atau minum yang mengandung gula, dengarkan musik kesukaan dan juga olehkan aroma terapy untuk merilekskan otot otot yang tegang. Rasa sakit tidak bisa dihilangkan pada saat proses persalinan tapi bisa dikurangi dengan usaha kita

Jika ditinjau dari sisi resiko melahirkan normal dibanding dengan operasi sesar maka besar sekali resiko yang anda dapatkan jika melahirkan normal. Hal itu diperoleh kalau anda tidak ditangani dengan benar oleh petugas kesehatan dalam hal ini bidan dan dokter sepsialis kandungan. Jadi, kalau ingin meminimalisir resiko maka sebaiknya anda harus ketahui pertolongan pertama pada ibu hamil mau melahirkan.

error: