Tips Agar Tidak Mual di Pagi Hari Selama Hamil

Tips Agar Tidak Mual di Pagi Hari Selama Hamil – Kebahagiaan sebuah keluarga diantandai dengan hadirnya buah hati di tengah keceriaan pasangan suami istri. Banyak hal yang dialami selama berkeluarga yang tidak mungkin anda dapatkan selama melajang. Ini mungkin akan mengagetkan saat anda mengalaminya sebagai pengalaman pertama.

Saat mengetahui wanita positif hamil maka rasa bahagia bercampur haru akan dirasakan pasangan suami istri. Namun tak jarang ini menjadi cobaan bagi wanita dalam menjalani masa kehamilannya. Pada saat wanita sedang hamil akan mengalami beberapa keluhan, tidak hanya pada kehamilan pertama bahkan kehamilan kedua ataupun setelahnya juga akan merasakan keluhan yang sama. Keluhan tersebut diantaranya mual dan muntah yang biasa dialam pada 4 bulan pertama.

mual saat hamil

Penyebab mual dan muntah ini karena meningkatnya hormon kehamilan. Tak jarang banyak ibu hamil akan mengalami gangguan lambung karena makanan tidak bisa masuk. Lalu bagaimana cara mengatasi mual pada ibu hamil yang sangat menganggu khususnya di pagi hari? Cara yang bisa dilakukan adalah komsumsi makanan yang lunak dan tidak pedas. Saat mual seseorang akan sulit mengkomsumsi makanan untuk itu diharapkan saat hamil maka ibu mengkomsumsi buah dan sayuran secara sedikit demi sedikit tetapi sering.

Cara yang lain bisa dilakukan adalah dengan makan sebelum waktu subuh, hal ini dikarenakan rasa mual akan muncul di pagi hari sekitar jam 6 pagi. Hal ini menurut beberapa survey yang dilakukan pada pasien yang menderita mual saat hamil. Selain itu hindari makan asam karena akan mempengaruhi lambung. Perut tidak boleh kosong sama sekali karena akan meningkatkan asam lambung dan mualpun tak daapt dihindari. Jika ibu hamil sulit untuk mengkomsumsi makanan ganti dnegan susu apa saja tidak mesti susu khusus ibu hamil. Perbanyak cemilan seperti buah, biskuit maupun roti.

Jika kita teliti mungkin saja mual ini disebabkan oleh penyakit maag yang anda alami. Sekali lagi kami sarankan anda selalu konsultasi ke dokter agar mendapatkan solusi yang tepat. Namun anda bisa mencoba tips dan cara di atas untuk antisipasi awal. Agar tidak terjadi mual yang terus menerus maka segeralah ke dokter atau rumah sakit terdekat perasaan mual saat kehamilan ini bisa segera hilang.

error: