Pertolongan Pertama Pada Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Pertolongan Pertama Pada Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan – Pada saat hamil seorang ibu perlu mempelajari beberapa yang sangat penting diketahui bagi ibu hamil sebelum memasuki persalinan. Diataranya tanda bahaya saat kehamilan, tanda saat memasuki persalinan bahkan gejala yang akan dialami ibu hamil yang perlu ditangani secara cepat oelh bidan atau dokter kandungan.

Seorang ibu akan merasakan tanda dan gejala saat akan melahirkan seperti keluarnya lendir darah, rasa mules pada perut hingga tulang bagian belakang, rasa pegal pada perut bagian bawah, serta rasa kencang pada perut. Beberapa hal yang perlu dilakukan jika ibu hamil mau melahirkan atau bersalin diantaranya lakukan pemeriksaan dalam untuk memantau kemajuan persalinan. Ini biasanya dilakukan oleh bidan atau dokter yang menangani anda.

Pertolongan Pertama Pada Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

Selanjutnya pertolongan untuk ibu hamil yang akan melahirkan adalah dengan memantau kemajuan persalinan juga dengan mengukur berapa lama kontraksi ibu hamil selama 10 menit pertama dan juga 10 menit kedua, pantau denyut jantung bayi, ajarkan teknik relaksasi pada ibu yang mau melahirkan. Saat sedang kontraksi atau mules ajarkan ibu untuk tidak mengedan karena belum waktunya. Pada saat persalinan pembukaan mulut rahim harus hingga pembukaan 10. Jika pembukaan sudah 10 atau sudah lengkap biasanya ibu baru disuruh mengedan sekuat tenaga untuk membantu keluarnya bayi dari rahim ibunya.

Saat akan melahirkan anjurkan keluarga untuk memberi motivasi dan juga do’a kepada ibu, agar ibu lebih semangat melahirkan bayinya. Selalu menjaga emosional ibu saat akan bersalin, karena rasa sakit yang dihadapinya terkadang membuat seorang ibu merasakan emosional yang tinggi. Anjurkan untuk makan dan minum sesering mungkin, agar pada saat mengedan ibu mempunyai tenaga dan persalinan dapat berjalan aman.

Orang terdekat anda pun perlu mengetahui banyak hal tentang antisipasi yang perlu dilakukan saat akan melahirkan. Bahkan suami harus siap siaga, tindakan yang harus dilakukan saat pecah ketuban sangat penting untuk anda ketahui. Pastikan ada puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat yang bisa anda jangkau untuk pertolongan pertama saat ada tanda-tanda akan melahirkan.

error: