Tips Aman Mengatasi Melasma Pada Saat Hamil “Topeng Kehamilan”

Tips Aman Mengatasi Melasma Pada Saat Hamil – Berbagai macam keluhan yang dialami ibu hamil membuatnya merasa perubahan drastis terjadi mulai dari fisik terutama wajah. Pada ibu hamil sering terjadi cloasma atau biasa disebut dengan melasma ataupun topeng kehamilan. Perubahan warna kulit ini sering kita jumpai pada ibu hamil, baik kehmailan pertama ataupun kehamilan yang lebih dari satu kali. Penyebabnya sangat jelas yaitu pengaruh hormon kehamilan.

Topeng kehamilan diwajah ini merupakan hal wajar dimana 70% wanita hamil akan mengalami perubahan ini. Warna kulit pada wajah berbeda-beda tiap orang, namun yang lebih sering kita jumpai jika terjadi cloasma yaitu pada ibu hamil yang kulit wajahnya cenderung lebih gelap. Pada umumnya wajah akan berbintik bintik hitam, maupun merah. Bahkan ada yang berwarna kebiruan, hal ini bukan menjadi masalah yang besar. Anda harus tetap tenang menghadapi masalah ini. 🙂

Tips Aman Mengatasi Melasma Pada Saat Hamil

Perlukah kita memeriksakannya ke dokter kecantikan? Jawabannya tidak perlu, jika sedang hamil dianjurkan untuk tidak menggunakan cream kecantikan apapun karena dikhawatirkan akan mengganggu keadaan janin yang dikandung. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk bisa mengatasi melasma pada saat hamil ini?

Cara efektif dan aman yang bisa dilakukan selama masa kehamilan yaitu gunakanlah masker wajah yang terbuat dari buah-buahan yang bisa kita racik sendiri dirumah. Ibu hamil bisa menggunakan masker timun, masker alvukat ataupun masker pepaya. Banyak mengkomsumsi air putih serta peningkatan asam folat yang bisa dilakukan dengan cara makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung asam folat yang tinggi.

Namun ibu hamil juga tidak perlu tergesah-gesah untuk menghilangkan bintik hitam di wajah, karena seiring dengan usia kehamilan anda maka topeng pada wajah ibu hamil akan memudar dan kembali seperti semula setelah ibu melahirkan. Fokus saja pada nutrisi untuk perkembangan janin karena itu lebih penting. Tetapi tidak ada salahnya juga mencoba tips yang lebih aman tanpa bahan kimia untuk menjaga kulit tetap cerah selama menjalani masa kehamilan.

error: