Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal

Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal – Berbagai pilihan untuk melahirkan, ada yang ingin melahirkan secara normal ataupun melalui operasi secar. Semua itu pilihan, yang dimana ada untung dan rugi yang didapatkan. Jika ibu memilih melahirkan SC keuntungannya adalah ibu tidak merasakan kontraksi atau mules yang hebat sebelum melahirkan namun akan terasa pasca SC dimana nyeri pada daerah perut pasca pembedahan. Jika memilih melahirkan normal maka ibu akan merasakan sakit yang luar biasa, hal ini akan dialami ibu yang melahirkan normal karena kontraksi tersebut yang memicu bayi dapat lahir secara normal.

Bagaimana jika menginginkan kelahiran secara normal. Pada trimester ketiga, usia kehamilan 6-9 bulan ibu hamil diwajibkan banyak jalan di pagi hari untuk melancarkan peredaran darah, selain itu rajinlah jongkok ataupun sujud agar bayi cepat masuk ke panggul. Persalinan normal terkadang melenceng dari tanggal yang diprediksikan oleh dokter, kadang 2 minggu sebelum ataupun 2 minggu setelah ditentukannya tanggal persalinan.

Tips Agar Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal

Tanggal persalinan ditentukan berdasarkan haid terakhir atau usia kehamilan yang dapat dilihat dengan usia kehamilan yang dinilai melalui USG. Pada pemeriksaan USG kita dapt mengetahui tanggal persalinanan kita berdasarkan berat dan panjang bayi, namun tetap saja hari pertama haid terakhir (hpht) lebih akurat dan menentukan tanggalnya. Dan tanggal ini juga penting sebagai acuan ibu hamil melahirkan normal.

Jika sudah memasuki bulannya, ibu belum memiliki tanda-tanda memasuki persalinan misalnya nyeri perut, kencang hingga pusar menonjol dan teraba keras seperti papan, keluarnya lendir dan darah maka ajak bayi berkomunikasi agar dia mau keluar dan tidak lewat bulan. Kehamilan 40 minggu merupakan batas untuk menantikan kelahiran bayi yang ideal. Jika mules belum juga datang maka konsultasikan ke dokter atau bidan untuk tindakan yang akan dilakukan.

Usia kehamilan 40 minggu, bidan ataupun dokter akan merangsang mules dengan memberikan obat perangsang seperti cytotex yang bisa diminum dan dimasukkan kemulut rahim. Ada juga syntosinon yang diberikan melalui suntikan ataupun diencerkan dalam cairan infus. Semua tindakan itu merupakan cara terkahir yang ditempuh agar bisa bisa melahirkan secara normal. Jika setelah diberikan obat ibu belum ada pembukaan maka untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi maka di sarankan untuk melakukan operasi sesar. Dan kalau operasi yang anda tempuh, sebaiknya ketahui obat untuk menghilangkan rasa nyeri pasca operasi sesar.

error: