Tanda-Tanda Seminggu Sebelum Ibu Hamil Mau Melahirkan

Tanda-Tanda Seminggu Sebelum Ibu Hamil Mau Melahirkan – Saat kehamilan memasuki usia 9 bulan membuat ibu khawatir apakah waktu melahirkannya tepat dan sesuai dengan tanggal persalinan. Tanggal persalinan bias saja meleset sekitar 2 minggu terlambat ataupun maju 2 minggu sebelum tanggalnya. Hal ini lumrah terjadi pada saat hamil. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut, tetap sabar menanti kelahiran bayi dengan optimis dan banyak berdoa.

Tanda-tanda persalinan yang sering dijumpai jika sudah mendekati waktunya antara lain nyeri pinggang, sering buang air kecil, bahkan nyeri pada perut bagian bawah serta selangkangan. Adapun tanda-tanda seminggu sebelum persalinan yaitu terjadinya kontraksi, kontraksi wajib dibedakan yaitu kontraksi palsu dan kontraksi yang sebenarnya akan melahirkan.

tanda-tanda seminggu sebelum ibu hamil mau melahirkan

Kontraksi palsu biasa ibu merasakan mules tapi perut tidak teraba kencang atau keras seperti papan, sedangkan kontraksi sebenarnya perut akan terasa kencang dan jika diraba akan terasa keras. Periksa adanya lender dan darah pada saat itu, apakah sudah keluar atau bulan. Pada kehamilan pertama biasanya akan keluar lendir dan darah sebagai ciri-ciri satu minggu sebelum persalinan, namun jangan khawatir jika kontraksi atau rasa mules belum begitu sering maka tundalah untuk ke bidan atau ke dokter kandungan anda. Hal ini biasa terjadi saat menunggu datangnya kelahiran.

Tanda lain yang biasa terjadi  adalah selangkangan yang sudah berasa sakit, kaki yang agak bengkak, sering kencing, nyeri punggung bahkan susah tidur. Rasa cemas menanti kelahiran bayi membuat ibu susah tidur, kepala yang mulai memasuki pintu atas panggul akan menekan saluran kecing sehingga akan membuat sering buang air kecil.

Yang perlu dilakukan seminggu sebelum tanggal persalianan yaitu banyak berjalan kaki dipagi hari, olah raga ringan serta banyak melakukan sujud agar kepala bayi cepat masuk ke panggul. Jangan mengkomsumsi apapun tanpa anjuran dokter karena dikhawatirkan akan beresiko pada ibu dan bayi yang dikandungnnya.

Tak banyak ibu hamil yang sudah tidak sabar menunggu kelahiran bayinya akan mengkomsumsi rumput Fatimah yang katanya akan mempercepat proses persalinan. Ini tidak dianjurkan oleh tenaga kesehatan karena akan menimbulkan kontraksi yang hebat sehinggga memicu terjadinya perdarahan. Komsumsilah buah dan sayuran, selain untuk kesehatan ibu dan bayi juga akan membantu mempercepat produksi ASI.

Tags:

tanda tanda seminggu sebelum melahirkantanda tanda seminggu menjelang persalinantanda tanda seminggu mau melahirkantanda tanda satu minggu akan melahirkantanda seminggu lg mau melahirkantanda seminggutanda persalinan seminggu lagiseminggu sebeseminggu menjelang melahirapa tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan
error: