Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga – Trimester tiga merupakan masa kehamilan tua. Pada saat hamil, ibu melewati tiga tahap yaitu trimester pertama dimana waktunya ialah usia kehamilan minggu pertama hingga 12 minggu. Trimester kedua yaitu usia kehamilan 13 hingga 28 minggu. Dan trimester 3 yaitu usia kehamilan 29 sampai 40 minggu.

Dalam setiap tahapan trimester ibu hamil akan merasakan berbagai perubahan baik secara fisik maupun emosional. Usia kehamilan trimester 3 perubahan yang terjadi sangat signifikan baik bagi wanita hamil maupun pertumbuhan janin di dalam rahim. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan, ibu akan mengalami susah tidur karena mengalami kepanasan. Untuk itu ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan baju tipis atau mudah terserap keringat.

Seputar Pertumbuhan dan Perubahan Kehamilan di Trimester Ketiga

Hal lain yang berubah dalam kehamilan trimester ketiga ini adalah ibu akan mengalami sesak nafas, dimana bayi akan tumbuh semakin besar dan berat serta panjangnya akan semakin meningkat sehingga menekan rongga dada atau diagfragma ibu. Ibu perlu mewaspadai sakitnya agar tidak terlalu khawatir menjalaninya. Semua itu adalah rasa sakit yang normal dan pasti dialami semua yang hamil.

Ibu juga akan merasakan sering kencing dan bolak balik ke kamar mandi, hal itu dipicu karena kepala bayi semakin ke bawah memasuki pintu panggul. Itu hal yang wajar pula, tetapi ibu harus berhati-hati dan wajib menjaga personal hygine agat tidak menimbulkan jamur karena lembab didaerah sekitar kelamin.

Kehamilan trimester 3 akan membuat ibu mudah gelisah menantikan kelahiran sang buah hati terlahir ke dunia. Tak sedikit ibu akan merasakan kontrkasi palsu ataupun kontraksi yang benar-benar nyata karena bayi sudah siap untuk dilahirkan. Perubahan fisik yang terjadi pada bayi yaitu pada usia kehamilan aterm atau sudah kehamilan tua maka pajang bayi mulai dari 43 cm hingga 50 cm dan berat juga sudah diatas 2500 gram.

Meskipun bayi memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda, namun diharapkan bayi tumbuh dan berkembang sesuai kehamilan ibu. Bayi yang diharapkan lahir dengan sehat dan memiliki berat badan yang normal yaitu antara 2500-4000 gram. Jika trimester ketiga berat badan belum memenuhi standar maka bidan atupun dokter akan menganjurkan ibu untuk makan sesering mungkin dan porsi 2 kali lipat makan makanan bergizi. Tak jarang ibu hamil disarankan untuk mengkomsumsi es cream karean kandungan susu dan vitamin lainnya akan membantu meningkatkan berat badan janin yang dikandung.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah perkembangan janin dan perubahan Ibu Hamil di trimester 2 atau yang di trimester 3 ini yang paling merepotkan? Semoga anda ikhlas menjalaninya karena ini adalah tanggung jawab anda sebagai wanita. 🙂

error: