Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua Yang Perlu Wanita Ketahui

Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua – Kehamialn 4-6 bulan merupakan masa kehamilan trimester kedua. Pada masa ini keluhan ibu hamil sudah tidak begitu parah dibandingkan pada trimester pertama. Pada trimester ini, ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan karena bayi yang dikandungnya tumbuh dan berkembang sesuai masa kehamilan. Nafsu makan ibu juga jauh lebih meningkat dibangdingkan pada awal kehamilan.

Namun tetap saja ada keluhan yang dialami pada bulan ke 4 hingga ke 6 tersebut, ibu hamil merasakan badan yang gampang kepanasan sehingga susah tidur pada malam hari. Badan mulai pegal linu karena menopang perut yang semkin membesar. Pada usia kehamilan ini, jantung dan jenis kelamin bayi juga sudah dapat terlihat dan terdengar. Perubahan jelas terjadi pada perut di bawah pusar hingga di atas sympisis phbis. Pada daerah tersebut nampak garis hitam memanjang lurus kebawah, hal ini merupakan perubahan yang disebabkan karena pengaruh hormon kehamilan.

Seputar Masa Kehamilan di Trimester Kedua

Perubahan lain yang nampak pada ibu hamil trimester 2 yaitu pada payudara. Anda yang hamil akan merasakan perubahan payudara yang semakin membesar. Hal ini karena produksi ASI mulai terbentuk untuk pemenuhan nutrisi pada bayi segera setelah lahir nanti. Pada masa kehamilan trimester kedua, ibu diwajibkan untuk mengkomsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat dan zat besi. Ini sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan tulang bayi nantinya.

Usia kehamilan 4-6 bulan, bayi akan memiliki berat 900-1000 gram dan panjang badan mencapi 30 cm. Jika berat badan bayi belum mencapai angka di atas sebaiknya ibu hamil meningkatkan pola makan dan nutrisi agar bayi nantinya bisa lahir dengan berat normal 2500-4000 gram. Antisipasi terjadinya kontraksi pada kehamilan trimester 2 ini karena jika kontraksi terus berlanjut akan memicu kelahiran premature. Tentu saja anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi karena akan membuat bayi bisa lahir tidak seperti yang anda inginkan.

Bayi yang lahir prematur lebih mudah terserang infeksi karena organ tubuh belum siap dan belum dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar di luar rahim. Untuk itu jika ibu mengalami komplikasi dalam kehamilan dan bersifat membahayakan segeralah ke pusat pelayanan kesehatan terdekat yang sering anda kunjungi. Kenali tanda dan kejala keluhan yang biasa dan tidak boleh terjadi selama kehamilan. Terus pantau perkembangan janin di tirmester 2 ini agar semuanya berjalan sesuai rencana.

error: