Tips Agar Luka Operasi Sesar Cepat Kering

Tips Agar Luka Operasi Sesar Cepat Kering – Halo apa kabar para ibu cantik yang baru saja melahirkan si buah hati yang menggemaskan. Sekarang waktunya rehat agar semua luka saat ita bersalin cepat pulih seperti semula. Operasi cesar atau biasa kita kenal dengan singkatan SC merupakan salah satu teknik persalianan melalui   pembedahan. Teknik ini dilakukan jika ada indikasi tertentu yang mewajibkan untuk dilakukan atau atas permintaan pasien sendiri.

Sesaat setelah dilakukan tindakan SC, maka ibu wajib mengetahui Berapa jam setelah operasi cesar bisa makan dan minum. Hal ini agar ibu tidak mual dan muntah pascah pembedahaan. Setelah 4-6 jam pasca operasi ibu akan   merasakan nyeri luka operasi. Lalu bagaimana cara mengurangi rasa nyerinya? Slaah satunya yaitu dengan mengkomsumi obat untuk menghilangkan nyeri pasca operasi. Tetapi tentu saja ibu wajib menjaga agar luka operasi tidak basah.

Tips Agar Luka Operasi Sesar Cepat Kering

Banyak hal yang menjadi pemicu sehingga luka operasi lembab, misalnya jahitan yang kurang bagus sehingga
menyebabkan keluarnya nanah atau inpus atau juga plester yang digunakan terlepas dan air masuk
kedalam luka jahitan. Semua hal yang membuat kita menjadi lebih lama sembuh tentu tidak diinginkan.

Tips agar  luka operasi cepat kering  yaitu tetap  menjaga  agar  luka  jahitan disekitar perut jangan sampai terkena air dan masuk kedalam. Saat mandi usahakan pada bagian luka SC tidak perlu terlalu diguyur air meskipun menggunakan plester anda air tetapi ibu wajib waspada. Jangan menggaruk atau menggosok-gosok plester ataupun ujung tepi plester karena akan memicu terlepasnya ujung plester.

Saat menggunakan gurita alangkah baiknya menggunakan  yang taki agar bisa  disesuaikan tingkat
kekencangannya untuk ikatan pas diatas luka operasi agar udara tetap masuk  kedalam. Pergunakan celana dalam yang besar hingga ke atas pusar agar karet bagian atas melewati luka operasi sesar sehingga ibu lebih gampang beraktifitas dan tidak terjadi tekukan pada daerah luka.

Jika ibu merasakan air  masuk ke luka operasi dan plester  sudah tidak melekat sempurna segera ke pusat
pelayanan kesehatan terdekat agar verbannya dapat segera diganti dengan verban yang baru untuk menghindari  terjadinya infeksi pada luka bekas operasi SC.  Luka operasi yang basah akan memudahkan tumbuhnya bakteri dan menyebabkan infeksi. Menjaga luka operasi agar tetap dalam keadaan kering membutuhkan waktu sekitar 4-6 hari pasca pembedahaan, hal tersebut juga masih tergantung beberapa faktor seperti dijelaskan di atas dan juga termasuk cuaca saat itu punya andil untuk mempengaruhi.

Untuk ibu-ibu yang saat ini sedang dalam masa kehamilan ada baiknya kalau anda mulai belajar tentang persalinan. Mulailah ketahui persiapan sebelum operasi sesar untuk ibu hamil. Ini penting agar anda dan orang terdekata nda tidak merasa kaget atau khawatir pada pra, saat dan pasca operasi nantinya.

Tags:

tips agar luka caesar yang lembab agar cepat kering
error: