Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua – Berbagai hal yang akan membuat rasa ingin tahu ibu lebih meningkat. Mengapa tidak saat hamil berbagai informasi akan penting untuk diketahui selagi itu berhungan dengan perkembangan janin yang dikandung serta perubahan yang dialami ibu baik secara fisik maupun secara psikis. Dalam hal ini akan dibahas lebih lanjut dan semoga dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi Seputar Kehamilan.

Kehamilan trimester 2 yaitu usia kehamilan 13 hingga 28 minggu. Dalam keadaan ini ibu hamil akan mendapatkan perubahan secara fisik yaitu payudara akan mengalami kepadatan dimana ASI sudah mulai diproduksi, rasa panas karena hormon kehamilan yang meningkat tinggi jauh dari biasanya serta pegal linu pada daerah sendi dan juga pinggang. Selain itu, pada usia kehamilan ini perut sudah mulai kelihatan membesar sehingga perlu memperhatikan baju yang cocok digunakan baik dari segi bahan yang mudah menyerapa keringat.

Perkembangan Janin dan Perubahan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Dari segi psikis, perubahan yang terjadi yaitu tingkat stres ibu meningkat karena perubahan yang dialami seperti gerakan janin yang mulai terasa menendang nendang dan juga gerah saat malam hari. Pada kehamilan ini perkembangan janin ibu hamil sudah dapat dinilai jenis kelaminnya perempuan ataupun laki-laki, detak jantung juga sudah mulai terdengar jelas. Perubahan lain yang terjadi adalah ibu tidak lagi merasakan mual dan muntah yang berlebihan karena nafsu makan sudah mulai meningkat.

Periksa kehamilan minimal 3 kali selama masa kehamilan, hal ini bertujuan untuk mengantispasi kemungkinan buruk yang terjadi. Misalnya, berat badan yang tidak sesuai usia kehamamilan serta keadaan lain yang dapat mebahayakan bayi dalam kendungan. Komsumsi asam folat untuk membantu pembentukan otak. Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkomsumsi buah-buahan, sayuran hijau serta kacang-kacangan. Tak lupa komsumsi tablet zat besi untuk membantu pembentukan tulang bayi.

Kalau anda saat ini masih banyak belajar tentang kehamilan, pastinya anda akan bertanya mengapa sering merasa tegang pada perut saat hamil? Ini penting ibu cantik ketahui karena akan berpengaruh pada pencegahan atau obat-obatnya.

error: