Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Baru Melahirkan

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Baru Melahirkan – Rasa bahagia yang mendalam ketika bayi yang selama ini dinanti-nantikan lahir ke bumi ini. Mengapa tidak, penyebanya adalah 9 bulan dikandung membuat ibu terbelenggu dengan aturan-aturan yang tidak diperbolehkan selama hamil. Sekarang bayi lahir membuat ibu bebas makan apa saja sesuai dengan keinginan.

Namun perlu diketahui beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan selama melahirkan. Dalam zaman modern seperti sekarang masih ada saja mitos yang melekat pada keluarga untuk tidak makan dan minum sesuai mitos kepercayaan tersebut. Padahal makan dan minum itu sangat penting untuk membantu kelancaran ASI anda.

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Baru Melahirkan

Sebagai ibu, perlu juga mengetahui makanan yang tidak diperbolehkan untuk ibu baru melahirkan komsumsi seperti jangan memakan makanan atau kue yang menggunakan pengembang kue yang berlebih seperti donat karena hal itu akan membuat perut bayi kembung. Ini biasanya menggoda apalagi kalau anda melahirkan pas lebaran atau hari natal dimana kue-kue semacam itu banyak tersedia di rumah anda.

Sedangkan untuk minuman juga patut waspada, komsumsi minuman yang mengandung vitamin dan hindari minuman yang bersoda karena tidak baik bagi perkembangan dan pertumbahan bayi. Jangan sekali-kali makan makanan yang membuat ibu alergi seperti telur, ikan tawar, dan lain-lain. Namun terkadang jika ibu ingin mengkonsumsi telur dan anda ternyata tidak ada riwayatt alergi tetapi yang terlihat badan dan wajah bayi kemerahan maka disarankan untuk stop mengkonsumsinya.

Tidak ada pantangan khusus untuk ibu pasca melahirkan, namun perhatikan apa yang dikonsumsi
apakah berpengaruh atau tidak terhadap perkembangan dan sistem saluran cerna bayi. Jangan
sekali-kali memberikan jamu kepada bayi karena hal ini akan membuat bayi sepsis ataupun bakteri
pada tubuh bayi meningkat. Berikan ASI secara Esklusif dengan mengetahui USIA BAYI
MENDAPATKAN ASI ESKLUSIF. Pemberian ASI ini dapat didukung jika ibu bisa melahirkan secara
normal, karena keadaan ibu jauh lebih optimal pasca melahirkan normal dibanding operasi. Untuk
itu ketahuilah makanan dan minumam untuk memperlancar ASI agar sesuai rencana awal anda.

error: