Obat Untuk Menghilangkan Rasa Nyeri Pasca SC (Operasi Sesar)

Obat Untuk Menghilangkan Rasa Nyeri Pasca SC – Operasi caesar merupakan pilihan yang aman untuk tidak merasakan kontraksi sebelum melahirkan, namun jangan salah setelah SC ibu akan merasakan nyeri luka jahitan di sekitar perut. Nyeri ini biasa terjadi pada ujung sisi kanan dan sisi kiri bekas jahitan.

Nyeri biasa masih terasa terasa sekitar 3-5 hari ke depan pasca pembedahan, untuk itu diwajibkan bagi wanita pasca SC untuk melakukan mobilisasi bertahan 12 jam setelah operasi. Mobilisasi yang dimaksud adalah menggerakkan anggota tubuh dengan miring kanan kiri saat berbaring. Berusaha duduk serta jalan selangkah demi selangkah untuk melatih otot perut pasca operasi. Ini penting untuk anda lakukan karena bisa saja nantinya tubuh menjadi kaku dan sudah bergerak.

Obat Untuk Menghilangkan Rasa Nyeri Pasca SC

Tak jarang ibu akan mengeluh sakit pada daerah perut, untuk itu gunakan gurita atau stagen untuk lebih memudahkan melakukan aktivitas dan membuat perut jauh lebih kecil pasca bersalin. Jika ibu mengalami nyeri setelah operasi sesar maka dokter akan memberikan obat pengurang rasa nyeri baik minum seperti ponstan, asam mefenamat, panadol, bahkan obat nyeri melalui anus seperti propenid dan amoxam. Propenid digunakan jika ibu tidak memiliki riwayat asma, jika ada riwayat maka penggunakan moxam supositoria.

Obat suntik biasanya juga ampuh dalam mengurangi rasa nyeri, injeksi hanya dilakukan selama 24 jam pasca pembedahan sperti transamin, ketese, remopin dan lainnya. Dokter tidak menyarankan untuk mengkomsumsi obat-obatan yang berdosis tinggi kecuali pasien mengalami nyeri hebat dan mengganggu kenyamanan. Setelah 24 jam obat nyeri akan diberikan per oral atau obat minum seperti jenis yang disebutkan diatas.

Jangan sekali-kali mengkomsumsi jamu atau obat-obat tradisional dengan alasan penyembuhan secara cepat luka operasi karena akan berdampak negatif pada bayi. Jika ibu mengkomsumsi jamu maka akan membuat bayi lebih cenderung kuning yang disebabkan karena kadar bilirubin meningkat di atas normal > 12 dan obat-obatan tradisional seperti obat Cina / jamu membuat ASI kurang lancar. Komsumsilah putih telur, atau ikan seperti ikan gabus karena akan mempercepat proses penyembuhan luka. Gunakan obat nyeri seperlunya saja, karena kembali lagi saat menyusui minimalkan penggunaan obat-obatan yang mengandung kimia.

Tidak jauh-jauh setelah hal tadi terjadi, mungkin para ibu juga perlu mengetahui cara menjaga kebersihan “Miss V” pasca persalinan. Ini sangat penting demi kesehatan anda, bahkan banyak penyakit bisa timbul kalau anda lalai menjaga kebersihannya.

Tags:

obat pereda nyeri setelah operasi secarnama obat pereda nyeri pasca operasi caesarmerk obat pereda nyeri setelah operasi sesarobat dokter pasca caesarobat penghilang rasa sakit setelah operasi caesarpereda nyeri pasca oprasi cearhabis caesar boleh minum obat oskadonCara menghilangkan rasa sakit sesarobat penghilang rasa sakit setelah operasiobat pereda nyeri luka post operasi
error: