Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Metode Lebih Aman

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi – Sedih rasanya ketika melihat bayi mengalami biang keringat. Secara kasat mata ini snagat mengganggu belum lagi menyebabkan rasa gatal. Biang keringat biasa terjadi pada daerah kening bayi dan juga pada punggung pagi, ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya. Tak jarang saat terjadi biang keringat, ibu yang ketakutan mengunjungi dokter anak untuk meminta obat.

Sebaiknya hal itu tidak perlu dilakukan jika biang keringat tidak membahayakan bagi bayi. Sembuhkan biang keringat dengan cara aman tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Ibu bisa melakukannya dengan rajin memandikan bayi 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Sebelum dimandikan, pastikan bayi tidak dalam keadaan berkeringat atau telah terkena matahari untuk menghindari terjadinya biang. Karena biang keringat lebih sering terjadi pada bayi akibat kelenjear keringat belum terbentuk secara sempurna.

Biang Keringat Pada Bayi

Hindari tejadinya biang keringat dengan cara menggunakan baju yang mudah menyerap keringat, jika menggunakan AC ataupun kipas angin perhatikan sirkulasi udara di dalam ruangan. Jika bayi masih kecil, usahakan tidak menggunakan AC yang terlalu dingin. Pergunakan ventilasi agar udara dapat ebrtukar dalam ruangan secara sehat. Cara mengatasi biang keringat bayi dapat dilakukan dengan tetap memberikan ASI sebagai obat alami untuk menyembuhkan biang keringat. Jangan memberikan obat kepada buah hati anda tanpa anjuran dokter.

Minum ASI yang banyak agar bayi tidak merasa kepanasan dan tetap jaga kebersihan bayi dengan mandi tetap 2 kali setiap harinya. Jika biang keringat terus berlanjut pada pagi hari, ibu bisa menjemur bayi antara jam 6 pagi hingga jam 8 pagi. Sinar matahari dapat membuat keringat bayi cepat mengering namun pastikan saat menjemur bayi keadaan lingkungan sekitar terbebas dari polusi kendaraan dan lainnya.

Metode yang lebih aman dilakukan yaitu dengan memberikan bedak dingin ataupun saat mandi bisa menggunakan produk lactasid / sebamed yang digunakan saat bayi mandi. Ph yang tergandung dalam produk ini sesuai dengan keadaan Ph kulit bayi pada umunya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati jadi pastikan bayi anda tidak mengalami kepanasan sehingga memproduksi keringat berlebih dan menyebabkan biang keringat yang mengganggu kulit mulusnya. Satu lagi, amankah bayi mandi pakai air hangat? Tentu saja jawabannya adalah aman selama bayi tidak merasa kepanasan akibat air hangat tersebut.

error: