Keluhan Ibu Hamil 7 Bulan dan Cara Menanganinya

Keluhan Ibu Hamil 7 Bulan – Kehamilan memasuki tujuh bulan atau disebut dengan hamil trimester tiga yaitu  kehamilan 28 minggu  hingga 40  minggu. Pada usia kehamilan ini anda akan merasakan perubahan fisik yang signifikan yang paling kelihatan yaitu perubahan fisik dimana perut anda akan lebih terlihat membesar. Untuk itu anda perlu memperhatikan apa saja yang perlu dipersiapkan sesuai kebutuhan anda dan persiapan untuk perlengkapan kelahiran bayi.

Memasuki usia kehamilan 7 bulan akan membuat anda merasa sakit dibagian pinggul atau sedikit linu karena bayi semakin membesar dan juga menekan diafragma anda sehingga juga menimbulkan sesak saat bernafas. Untuk itu kurangi aktifitas yang berlebih. Jangan mengangkat beban berat, mintalah bantuan suami untuk melakukannya agar anda tidak terpeleset. Kehamilan tua akan membuat anda mengalami keluhan sering kencing, hal itu wajar karea kepala bayi mulai memasuki pintu panggul sehingga menekan vesika urinaria.

keluhan ibu hamil pada kehamilan 7 bulan

Karena sering kencing, terkadang ibu tidak mau minum terlalu banyak. Hal itu jangan sampai dilakukan karena ibu akan mengalami dehidrasi. Belum lagi saat hamil ini akan merasa sering panas jadi pergunakan baju-baju yang menyerap keringat. Gatal yang dirasakan pada daerah perut merupakan pengaruh hormon kehamilan, jangan digaruk secara berlebih sehingga menimbulkan luka. Jika gatal tidak dapat diatasi maka konsultasikan ke bidan atau dokter terdekat. Itu baru sebagian dari keluhan saat kehamilan memasuki 7 bulan.

Yang paling sering dirasakan ibu hamil saat hamil 7 bulan yaitu sembelit atau gangguan pencernaan. Ini disebabkan pengaruh hormon yang tidak stabil, untuk itu ibu wajib mengkomsumsi buah-buahan berserat tinggi untuk memperlancar pencernaan. Tak sedikit pula pada usia kehamilan ini juga ibu akan mengalami diare karena mengkomsumsi makanan yang tak sehat. Hal ini wajib dihindari karena diare akan menyebabkan mules dan juga kontraksi dalam kehamilan. Sangat susah membedakan apakah kontraksi yang dialami adalah kontraksi karena kehamilan atau karena diare.

Persiapkan kelahiran bayi nantinya dengan mengatasi keluhan-keluhan  yang dialami pada kehamilan trimester tiga mulai dari usia kehamilan 7 bulan hingga kehamilan 9  bulan. Sehatkan pikiran dan juga fisik ibu untuk menghindari keluhan sederhana namun bisa mengganggu ibu dalam menjalani kehamilan. Rajinlah untuk kontrol kehamilan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Tags:

gambar ibu hamil 7 bulankeluhan yang sering di alam ibu hamil 7 bulan
error: