Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan dan Cara Mengatasinya

Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan – Ibu yang sedang mengandung memilki berbagai masalah yang muncul baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Masalah seperti ini ada yang perlu ditangani secara khusus, namun ada juga yang berlalu seiring bertambahnya usia kehamilan ibu itu sendiri. Keluhan tersebut sering muncul pada bulan ketiga masa kehamilan atau usia kehamilan menginjak 12 minggu.

Pada usia 12 minggu, ibu hamil masih mengalami mual dan muntah pada pagi hari atau biasa dikenal dengan hyperemesis gravidarum. Mual dan muntah ini terjadi karena peningkatan kadar hormon beteHCg saat hamil. Hal ini akan membuat ibu malas untuk makan, karena setiap dia mengunyah makanan akan dimuntahkan kembali. Tentu saja ini akan berpengaruh pada asupan nutrisi si ibu dan akibatnya bisa mengurangi gizi yang dikonsumsi yang penting bagi perkembangan janin yang dikandungnya.

Keluhan Ibu Hamil 3 Bulan

Cara menghindarinya yaitu dengan mengkomsumsi makanan sedikit demi sedikit tapi durasi yang sering diulang. Makan sedikit tapi sering akan membuah ibu jauh lebih baik sehingga pemenuhan nutrisi pada ibu hamil 3 bulan juga terpenuhi untuk perkembangan janin yang dikandungnya. Terkadang mual yang berlebih akan membuat ibu merasa pusing, hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah juga ikut menurun.

Jika mual dan muntah tidak dapat teratasi maka mintalah ke dokter atau bidan untuk diberikan obat mual sesuai keadaan ibu yang sedang hamil. Walaupun sebenarnya mengkomsumsi obat-obatan dalam keadaan hamil tidak begitu dianjurkan kecuali mendesak. Komsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna, jika tidak mampu mengkomsumsi nasi komsumsi buah ataupun roti serta minum susu sesuai dengan selera.

Keluhan lain yang dialami ibu hamil memasuki bulan ke 3 yaitu antisipasi terjadi flek yang bisa dipicu dari hubungan seksual terlalu dini, serta aktifitas yang begitu padat. Flek atau perdarahan dapat membuat ibu hamil kehilangan bayinya. Untuk itu disarankan untuk tidak dulu melakukan hubungan seksual karena pasenta dalam rahim pada usia kehamilan 12 minggu belum melekat sempurna.

Kenali keluhan yang dialami selama hamil untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Anda juga sudah mempersiapkan diri sejak dini karena anda tidak akan merasa waktu berlalu begitu cepat. Sehingga keluhan ibu hamil 7 bulan pun patut dipelajari.

error: