Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar

Cara Menghitung Usia Kehamilan – Saat memasuki usia kehamilan anda akan berusaha menghitung sendiri usia kehamilan yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menghitung dengan menggunakan rumus bahkan dengan cara mengitung menggunakan kalender di rumah. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh jawaban berapa usia kehamilan yang anda jalani sekarang.

Penghitungan usia kehamilan dengan tepat akan membuat anda mempersiapkan asupan nutrisi yang dapat dimulai dari hamil trimester pertama, trimester kedua, bahkan saat memasuki usia trimester ketiga dimana anda mulai mempersiapkan kelahiran bayi anda. Cara menghitungnya pertama dengan menetukan HPHT atau hari pertama haid terakhir anda. Pada usia kehamilan umumnya memasuki usia maksimal 40 minggu atau sekitar 280 hari. Para bidan dan dokter umumnya lebih menggunakan hitungan minggu ketimbang menggunakan hitungan bulan.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Baiklah, bagaimana menghitung usia kehamilan yang benar? Cara pertama yaitu dengan menggunakan sistem kalender, penghitungan dengan menggunakan sistem kalender dengan mengetahui hari pertama haid terakhir secara jelas /HPHT. Setelah itu pergunakan rumus Neegle. Lantas bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan Neegle? HPHT ditambah 7, kemudian bulan haid – 3, serta pada tahun ditambah angka 1. Rumusnya mungkin sangat mudah, rumus ini biasanya lebih sering digunakan pada wanita yang memiliki siklus haid yang teratur, yaitu setiap 28 hari atau 30 hari.

Yang kedua dengan menggunakan pemeriksaan secara palpasi. Jika anda memeriksakan kehamilan pada Bidan akan lebih sering digunakan dengan menghitung melalui pengukuran fundus uteri dengan menggunakan meteran dalam hitungan centimeter. Fundus akan dilakukan palpasi kemudian diukur melingkar diatasnya, berapa nilai yang dicapai maka begitu pula hasil besaran usia kehamilan yang sedang dijalani ibu hamil saat ini.

Cara lain menghitung usia kehamilan yaitu dengan menggunakan pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini merupakan hal yang lazim digunakan dan sudah menjadi pilihan yang rutin dilakukan saat memeriksaakan kehamilan. Melalui USG ibu akan mengetahui berapa usia kehamilan yang dapat dinilai dari berat badan bayi dan juga panjang badan. Selain menentukan usia kehamilan dengan USG juga ibu akan mengetahui jenis kelamin dan juga mendengarkan denyut jantung janin.

Hal tadi sungguh sangat menyenangkan, belum lagi di era modern saat ini dengan kemajuan teknologi ibu hamil sudah dapat menghitung usia kehamilannya dengan menggunakan aplikasi pada gedget yang dimiliki. Sekarang mari kita pelajari tips merawat kehamilan pada trimester pertama agar janin di dalam kandungan selalu dalam kondisi sehat.

error: