Amankah Bayi Mandi Pakai Air Hangat ?

Amankah Bayi Mandi Pakai Air Hangat ? –  Mandi air hangat sangat sering dilakukan bagi kita semua. Mandi dengan air yang hangat membuat kita merasa lebih rileks dan nyaman setelah melakukan aktifitas seharian penuh. Dalam suhu cuaca yang dingin biasanya kita memilih air hangat, lalu apakah air hangat aman digunakan pada bayi?

Sangat banyak kita jumpai bahkan 8 dari 10 ibu memandikan bayinya dengan menggunakan air  hangat, alasannya karena berbagai hal. Pertama suhu bayi yang menyukai kehangatan membuat bayi lebih tenang saat dimandikan dengan air hangat dibandingkan air dingin. lalu yang kedua saat bayi baru lahir, bayi masih beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Saat kita memandikannya dengan air dingin maka besar kemungkinan bayi akan mengalami sianosis atau bayi dalam keadaan dingin yang ditandai bayi gemetar, bersin-bersin, biru di sekitar telapak tangan, telapak kaki bahkan disekitar area mulut dan bawah hidung.

Amankah Bayi Mandi Pakai Air Hangat

Namun saat memandikan bayi perhatikan tingkat suhu panas yang dibuthkan. Air hangat tidak boleh melebihi batas suhu 50 derajat celcius karena akan membakar kulit bayi itu sendiri. Bahkan kalau mau aman cukup dengan hangat-hangat kuku saja. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan merasakannya dengan menggunakan punggung tangan. Saat memandikan bayi dengan air panas ada istilah anget-anget kuku, maksudnya air hangat yang digunakan tidak terlalu panas dan juga todak terlalu dingin.

Kerugian memandikan bayi dengan air hangat akan menyebabkan menipisnya kelenjar minyak yang
dimilliki kulit bayi, namun ini terjadi jika kita melakukannya secara terus menerus karena akan
merusak kulit. Untuk itu, kondisikan kapan bayi baru mandi dengan air hangat. Usia bayi
menentukan bayi tersebut sudah dapat beradaptasi dengan suhu sekitar, untuk itu tidak ada salahnya
untuk mencoba memandikan bayi dengan air dingin juga.

Setelah memandikan bayi, baik dengan air hangat maupun air dingin alangkah baiknya kita langsung
mengeringkan bayi dengan menggunakan handuk lalu oleskan minyak telon untuk menjaga
kehangatan bayi setiap saat. Saat dimandikan, usahakan AC ataupun kipas angin tidak begitu mengarah
ke bayi karena udara yang diproduksi pendingin ruangan akan membuat bayi merasa dingin dan tidak
akan nyaman.

Satu lagi, terkadang kalau anda adalah untuk pertama kalinya memiliki bayi maka perasaan takut akan muncul. Bahkan untuk menggendongnya saja jadi was-was. Mungkin ibu cantik perlu mengetahui tips memandikan bai baru lahir agar tidak grogi. Ini akan sedikit membantu supaya anda jadi ibu yang hebat.

Tags:

air hangat atau dingin bila memandikan bayi yang biang keringat
error: