Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama

Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama – Kehamilan merupakan anugerah dari Tuhan yang tiada tara. Banyak perselingkuhan atau percekcokan yang terjadi dengan alasan setelah menikah tak kunjung mendapatkan momongan. Kehamilan terbagi dalam 3 fase yaitu trimester 1, trimester 2, dan trimester 3. Dalam kehamilan ini minimal seorang ibu wajib memeriksakan diri minimal tiga (3) kali sejak dirinya diketahui hamil pertama kali.

Trimestrer pertama disebut juga awal atau masa-masa sulit saat hamil. Mengapa tidak saat usia kehamilan trimester 1 usia kehmilan mulai dari 1 minggu hingga 12 minggu merupakan masa yang rentang terjadinya keguguran atau perdarahan. Hal ini disebabkan karena plaseta belum melekat sempurna pada dinding rahim.

Tips Merawat Kehamilan Pada Trimester Pertama

Bagaimana merawat ibu hamil trimester 1 ? Hal yang dilakukan yaitu jangan melakukan hubungan seksual karena lagi-lagi akan memicu terjadinya perdarahan. Makanan makanan yang bergizi seimbang serta hindari mengkonsumsi obat-obatan atau jamu yang dapat merangsang terjadinya kontraksi dalam kehamilan. Jika ibu megalami mual dan muntah itu wajar dan biasa terjadi pada awal-awal kehamilan muda.

Saat mual dan muntah berlebihan upayakan untuk mengkomsumsi makanan lunak sedikit demi sedikit namun sesering mungkin agar asam lambung tidak meningkat dan janin mendapatkan asupan gizi yang cukup. Saat sekarang banyak kasus yang terjadi ibu hamil muda dirawat karena mengalami hyperemesis gravidarum. Saat dirawat, ibu biasanya dipasangi infus dan diberikan obat suntik ataupun obat minum penghambat mual dan muntah saat hamil

Karena jujur saja pondasi awal saat hamil adalah trimester pertama kehamilan, jika tidak dijaga dengan baik maka akan memicu terjadinya perdarahan dan kehamilan akan diakhiri dengan kuret jika tidak bisa dipertahankan lagi. Jika nutrisi kurang baik maka akan memicu juga terjadinya fetal dead. Diharapkan untuk suami maupun istri bekerjasama yang baik dalam menjaga kehamilan tersebut.  Dan kalau saat ini anda masih menanti kabar bahagia, sebaiknya kenali tanda-tanda kehamilan minggu pertama. Ini akan membuat anda lebih hati-hati terhadap janin yang dikandung.

error: