Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Agar Anda Tidak Grogi

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir – Untuk sebagian besar memandikan bayi baru lahir merupakan hal yang menakutkan. Hal ini biasanya terjadi pada ibu yang baru melahirkan anak pertama. Mengapa tidak bayi yang baru lahir memiliki tulang yang belum begitu kokoh jadi dalam memandikan perlu memiliki keberanian dan teknik khusus dlaam memandikannya. Untuk anak pertama biasanya seorang ibu meminta bantuan kepada orang tuanya ataupun tenaga kesehatan untuk dipanggil kerumah memandikan bayi atau biasa disebut bidan home care.

Sebenarnya dalam memandikan bayi abru lair itu gampang-gamoang susah dalam melakukannya. Hal yang perlu diperhatikan dalam memandikana bayi yaitu persiapan air hangat-hangat kuku, handuk, sabun waslap bila perlu. Pertama buka seluruh pakaian bayi lalu lakukan pemijatan sebelum menadikannya. Mandikan bayi sebelum jam 9 pagi atau sebelum jam 5 pada sore hari. Setelah semuanya siap masukan bayi kedalam bak mandi atau baskom air berukuran agak besar dengan memegang leher bayi dengan benar yaitu ibu jari berada pada telinga kiri dan jari tengah pada telinga kanan.

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Agar Anda Tidak Grogi

Jika ibu takut untuk memandikan bayi dengan mengangkatnya lalukan dengan menggunakan waslap diatas perlak plastik. Letakkan bayi diatas perlak lalu seka dengan menggunakan waslap lembut dengan air hangat lalu menggunakan sabun dan bilas lagi dengan menggunakan air bersih. Jika ibu berani untuk memasukkan kedalam baskom bak mandi bayi pegang leher bayi sesuai petunjuk diatas lalu usah seacar perlahan kulit bayi dengan menggunakan sabun. Saat mandi ada bayi yang akan tenang bahkan tertidur ada juga bayi yang meronta-ronta. Jika bayi meronta periksa kembali kemungkinan air kurang hangat.

Saat mengusap bayi dengan menggunakan sabun perhatikan jangan sampai sabun menempel dimata ataupun bibir bayi karena kana menyebakna bayi mengiap sabun tersebut dan biasanya bayi akan muntah kecoklatan. Setelah bayi disabuni pada bagian belakang, balik bayi secara perlahan dan perhatikan jangan sampai hidung bayi tergenang dalam air tanpa kita sadari. Cara memandikan bayi baru lahir memang terkesan rumit, dan ini perlu keberanian.

Saat membalikkan badan bayi leher bayi bagian depan menepel pada lengan tangan kanan.biarkan dagu dia menjadi penyanggah pada lengan ibu lalu usap punggung bayi dengan menggunakan sabun. Setelah semua bersih langkah terkahir yaitu bersihkan badan bayi dengan menggunakan air hangat keseluruh bagian tubuhnya sampai tidak berasa licin. Setelah itu keringkan bayi dengan menggunakan handuk yang berbahan lembut.

Gunakan baby oil atau minyak telon setelah mandi agar bayi merasa hangat kembali lalu gunakan bayi baju sesuai keinginan dan kebutuhan.Itulah sebabnya setiap ibu yang akan melahirkan harus memperhatikan perlengkapan bayi baru lahir agar saat memandikannya, semuanya sudah lengkap.

error: