Tips dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi – Influenza atau biasa kita kenal dengan pilek merupakan penyakit yang sangat kita benci. Bagaimana tidak, saat kita terkena flu akan membuat diri kita tidak percaya diri bahkan gangguan saat pernafasan pun terjadi. Flu tidak mengenal usia, seseorang akan terkena flu jika di lingkungan sekitarnya ada yang sedang menderita flu. Jangankan orang dewasa, balita pun bisa terjangkit flu dan bisa menyerang bayi kita.

Flu menyebar melalui virus, jadi berhati-hatilah jika di lingkungan sekitar kita ada yang terkena flu. Lakukan antisipasi, sampaikan kepada orang tersebut agar dia menggunakan masker karena tidak mungkin bayi anda yang diberi masker 🙂 Itulah sebabnya sangat penting untuk memberikan informasi dini kepada siapapun di sekitar kita, dari keluarga, tetangga hingga teman.

Tips dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Sangat sedih rasanya jika bayi kita terkena flu. Seorang bayi yang masih kecil belum bisa mengucap keluhannya dikala sakit harus mengalami gangguan pernafasan seperti ini. Pada bayi yang terkena flu akan menyebabkan dia kesulitan untuk menyusu karena hidung yang tersumbat membuatnya merasa tidak nyaman. Lalu apa yang digunakan sebagai orang tua jika bayi terserang flu? Cara mengatasi bayi yang hidungnya tersumbat akibat flu bisa kita obati dengan cara tertentu.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu berikan ASI saja sebagai obat dalam mengatasi flunya. Itulah sebabnya sangat dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi anda. Jangan memberikan obat-obatan tanpa anjuran dokter karena akan membahayakan bayi di kemudian hari. Jaga suhu bayi agar tetap hangat, saat flu terjadi hindarkan bayi dari udara bebas bahkan AC maupun kipas angin sekalipun karena akan memicu flu tak kunjung reda bayi.

Kedua adalah usapakan minyak telon pada seluruh badan bayi terutama pada dada maupun punggung bayi. Ini juga bermanfaat untuk menghangat badan si buah hati, mungkin si dede kecil sedang masuk angin awalnya.

Ketiga, jika kita berkeinginan membersihkan hidung bayi maka gunakan cotton buds yang sudah dibasahi dengan menggunakan air bersih lalu bersihkan hidung secara berlahan dan tidak terlalu dalam untuk membersihkan untuk menghindari cedera yang bisa terjadi. Namun, jika anda tidak yakin maka jangan membersihkannya dengan cotton bud cukup dihirup dengan menggunakan mulut kita tempelkan pada lubang hidung bayi dan sedot secara perlahan tanpa membuat bayi ketakutan atau kaget.

Hal ini biasa dilakukan oleh orang tua dahulu atau temp dulu ketika ibu atau ayah kita saat kecil, namun jika tidak yakin jangan sekali-kali melakukannya. Mengobati flu pada bayi yang terbaik adalah cukup berikan ASI sebagai obat yang mujarab dalam menyembuhkan hidung tersumbat.

error: