Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki Oleh Para Ibu

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki – Siapa yang tidak bahagia memiliki bayi? Buah hati yang selama ini ditunggu-tunggu akhirnya lahir dengan selamat tanpa kekurangan sesuatu apapun. Sebelum bayi lahir pada usia kehamilan diatas 5 bulan, beberapa orang tua sudah mulai mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan oleh bayi mereka setelah lahir. Orang tua biasanya mempersiapkan beberapa hal mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut.
Banyak hal yang bisa dipersiapkan oleh orang tua misalnya baju bayi yang terbuat dari bahan katun adem sehingga bayi tidak kepanasan saat menggunakan. Pada anak pertama siapkan baju bayi yang berlengan pendek sekitar 2 lusin, berlengan panjang 1 lusin. Pada 3 minggu pertama sebaiknya bayi hanya menggunakan popok saja tidak usah menggunakan celana karena akan menyulitkan saat bayi buang air kecil maupun air besar.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Wajib Dimiliki Oleh Para Ibu

Lalu selanjutnya perlengkapan bayi yang dipersiapkan yaitu popok bayi sekitar 2 lusin, celana panjang 1 lusin, celana pendek 1 lusin. Celana panjang baiknya digunakan saat malam hari ataupun jika suhu udara atau ruangan dingin. Jangan lupa menyiapkan bedongan meskipun tidak setiap saat bedogangan wajib digunakan. Selimut bayi sebenarnya tidak usah terlalu banyak cukup 1 ataupun 2 saja. Persiapkan perlengkapan mandi, baby oil, minyak telon, handuk, waslap, serta kapas cebok untuk membersihkan alat vital saat bab / bak

Dalam mempersiapan hal-hal terkait kebutuhan bayi baru lahir tersebut ikut sertakan suami untuk ikut mebantu dalam mempersiapaknnya agar lebih menyenangkan dan menghindari selisi pendapat yang kadang terjadi. Gurita tidak perlu dipersiapkan karena menurut ilmu terbaru gurita tidak lagi dipergunakan. Hal ini karena gurita akan menekan perut sehingga pernafasan bayi akan terganggu. Selain itu gurita juga akan memperlama proses puputnya tali pusar, karena gurita yang menutupi tali pusar membuat udara tidak masuk ke pusar sehingga pusar kadang lembab sehingga terjadi infeksi seperti ditandai dnegan adanya bau ataupun kemerahan

Hindari penggunaan bedak yang berlebih kepada bayi karena akan merusak kulit bayi bahkan terkadang akan membuat bayi terkena alergi. Jangan sekali-kali mepersiapkan susu formula, hal tersebut akan membuat ibu memiliki paradigma untuk tidak memberikan ASI secara esklusi, ini tentu saja akan merusak perkembangan bayi anda.

Para ibu yang kami cintai dan hormati 🙂 merawat bayi yang baru lahir memang sedikit menakutkan, bahkan walaupun anda sudah melahirkan banyak anak akan sedikit was-was saat mengangkatnya, memandikannya dan segalanya. Memang diperlukan kehati-hatian untuk hal ini.

error: