Masa Kehamilan dan Pertumbuhan Janin Pada Saat Hamil

Masa Kehamilan dan Pertumbuhan Janin Pada Saat Hamil – Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa ketika kita mengetahui akan segera memiliki momongan. Memiliki anak merupakan anugrah luar biasa yang diberikan Tuhan setelah menikah. Tak banyak yang memilki rejeki seperti ini namun dilaur sana masih ada saja beberapa pasangan yang rela menjual anak ataupun menggugurkannya secara sadar.

Berikut ini kita akan menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil saat menjalani masa kehamilan. Saat melakukan kontrok ke dokter ataupun bidan biasanya akan dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janinnya didalam rahim ibu. Perkembangan janin dapat dinilai apa dia tumbuh sesuai masa kehamilan ataupun tidak. Jika janin tidak tumbuh sesuai masa kehamialn bisa saja saat lahir bayi akan memiliki berat dibawah normal yaitu 2500 gram namun jika janin tumbuh melebihi masa kehamilan bayi, akan lahir diatas normal yaitu 4000 gram.

Masa Kehamilan dan Pertumbuhan Janin Pada Ibu Hamil

Pada usia kehamilan 1 bulan janin belum dapat diukur berat badannya, saat USG usia kandungan sebulannya biasanya akan ditandai sepeti bercak hitam didalm rahim, ini belum bisa dinilai. Pada kehamilan 12 minggu biasanya janin sudah mengeluarkan bnyi detak jantung saat USG , saat usia 12 minggu panjang janin sekitar 9 cm dan memiliki berat 14-30 gram. Pada usia janin 16 minggu panjang badan 18 cm dengan berat 100 gram, usia 20 panjang badannya 25 cm dan berat 300

Usia kehamilan 24 minggu janin memilki panjang badan 32 cm dan berat 650 gram, usia kehamilan 28 minggu panjang badan 38 cm dan berat 1000 gram. Usia kehamilan 32 minggu minggu 43 cm panjang badan dan berat 1800gram. Usia kehamilan 36 minggu memilki panjang badan 46 cm dan berat 2500 gram dan setelah usia 40 minggu panjang janin 50 cm dan berat 3300 gram.

Pada kehamilan dibawah 20 minggu merupakan masa yang perlu dijaga, dianjurkan ibu hamil tidak melakukan hubungan seksual jika kehamilan belum mencapai 20 minggu. Hal ini dapat beresiko terjadinya flek ataupun keguguran. Setelah kehamilan 20 minggu ibu bisa melakukan hubungan suami istri dan juga melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang dikandungnya, namun pada usia kehamilan diatas 28 minggulah tindakan yang tepat untuk USG mnegetahui jenis kelamin agar hasil yang didapatkan lebih meyakinkan. Apapun jenis kelamin bayi anda wajib disyukuri karena tidak semua wanita bisa hamil seperti anda.

error: