Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Di era globalisasi ini berbagai makanan bermunculan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Berbagai jenis makanan tersebut membuat kita kebingungan dalam memilih makanan apa yang akan kita makan. Saat hamil makan makanan yang bergizi merupakan syarat utama gar janin mendapat asupan yang seimbang selama didalam rahim. Tak sedikit ibu hamil rela mengeluarkan buget yang lebih untuk membeli makanan yang dianggapnya sangat penting tersebut.

Saat kehamilan muda sebagian besar ibu akan mengalami mual dan muntah yang biasa terjadi pada pagi hari. Hal itu yang membuat ibu malas untuk makan, karena setiap selesai makan dimuntahkan kembali. Ada juga sebagian besar ibu mengalami ngindam yang menurut teori ngidam itu hanya sugesti yang sebenarnya boleh kita atur sendiri mau menurutinya atauun tidak.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Ada yang beranggapan saat kehamilan muda dilarang mengkomsumsi buah nenas ataupun durian, karena akan memicu terjadinya keguguran. Hal ini belum ada pembuktiannya secara teori namun jika dihubungkan pada saat hamil muda, sebagian ibu akan mengalami mual muntah dan kadang disertai dengan nyeri ulu hati. Jika mengkomsumsi nenas ataupun durian yang mengandung gas yang cukup tinggi akan menyebakan peningkatan asam lambung ibu tersebut. Anda memang perlu memperhatikan makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama agar tetap sehat.

Usia 12-16 minggu merupakan masa kehamilan muda untuk itu makananlah makanan yang bergizi seimbang atau biasa disebut dengan 4 sehat 5 sempurna. Pada trimester awal ini sebaiknya ibu makan sedikit demi sedikit namun sesering mungkin agar nutrisi bagi ibu dan janinnya terpenuhi. Makanan yang bisa dikomsumsi pada hamil muda seperti sayur berwarna hijau, kacang-kacangngan, buah-buahan yan tidak asam dan tidak mengandung gas yang tinggi.

Komsumsi makanan ini sepanjang masa kehamilan terutama pada usia kehamilan 4 hingga 6 bulan. Karena pada saat itu pembentukan otak dan tulang mulai membentuk sempurna. Kalau begitu maka uang perlu disiapkan, rasanya hal ini tidak wajib karena makanan tidak selamanya harus dibeli. Anda bisa membuat kebun di sekitar rumah.

Adapula makanan yang wajib dikomsumsi pada kehamilan tua yaitu kehamilan 6 bulan hingga 9 bulan yaitu buah-buahan, sayur berwarna hijau, wortel, kacang-kacangan untuk merangsang produksi ASI. Jika berat bayi tidak sesuai dengan masa kehamilan, itu menandakan ibu tidak memenuhi nutrisi dengan baik. Biasanya dokter atau bidan menyarankan untuk mengkomsumsi es krim yang banyak mengandung vitamin di dalamnya. Jadi saat hamil bukan makan 2 kali lipat porsinya seperti anggapan banyak wanita tentang makanan sehat untuk ibu hamil trimester kedua dan ketiga, namun makanlah 2 kali lipat zat gizi yang terkandung didalamnya.

error: