Cara Mudah Merawat Bayi Yang Baru Lahir Tanpa Ribet

Cara Merawat Bayi Yang Baru – Ketika si kecil lahir di dunia ini kadang para bunda bingung bagaimana cara merawatnya, apalagi kalau baby kita masih usia satu minggu atau dua minggu. Tapi di usia ini biasanya para bunda masih di bantu para bidan yang merawat bayinya, namun perlu bunda ketahui bahwa merawat anak yang baru lahiritu sebenarnya mudah dan tak sulit.

Bunda-bunda yang lagi berbahagia karena baru saja di karuniai bayi cantik atau ganteng mari kita membahas bagaimana cara memperlakukan si buah hati. Bunda tidak perlu bingung lagi apalagi bagi bunda-bunda muda yang baru pertama kali mendapatkan keturunan atau masih anak pertama, mungkin tips ini sangat bermanfaat. Kami yakin anda saat ini sedang dalam kegalauan luar biasa, biasanya ada mama mertua atau ibu kandung kita yang memberi bimbingan.

Cara Mudah Merawat Bayi Yang Baru Lahir Tanpa Ribet

Satu hal yang harus anda ketahui, jagalah buah hati kita dari berbagai macam virus. Biarkan dia terus menikmati masa-masanya dengan tertidur pulas. Itu adalah dunianya mereka, dan ada beberapa tips yang perlu bunda ketahui dalam merawat bayi baru lahir seperti berikut ini:

  • Jaga kebersihan selama persalinan karena itu sangat penting bagi bayi dan ibu harus terhindar dari bakteri
  • Cegah infeksi kuman pada bayi anda, begitu bayi baru lahir, bunda harus minta salep anti biotik untuk matanya
  • Jaga selalu tali pusar agar tetap bersih dan kering serta jangan biarkan terbuka. Perlu juga bunda ketahui bahwa tali pusar itu jangan di bungkus agar udah kering alias puput
  • Bayi baru lahir boleh di mandikan setelah 6 jam
  • Bungkus bayi dengan kain kering
  • Ganti kainnya jika basah
  • Bayi yang baru lahir harus mendapatkan pelayanan kesehatan minimal tiga kali dari Bidan/Dokter/Perawat yaitu pada hari pertama, hari ketiga, dan minggu kedua. Upayakan ini anda lakukan dengan berkonsultasi pada petugas kesehatan pada saat pertemuan.
  • Kita harus melihat apakah bayi sudah buang air besar atau tidak
  • Minta suntikan vitamin K1 untuk mencegah pendarahan
  • Berikan Imunisasi Hepatitis B sebelum bayi berumur 24 jam

Semoga tips untuk bayi baru lahir ini dapat bermanfaat bagi bunda khususnya ibu-ibu muda yang baru di karuniai bayi sehat dan sempurna. Semoga bunda dan debaynya tetap sehat dalam keadaan ekonomi sesulit apapun itu karena biasanya rumah tangga baru beresiko dengan krisis moneter. Selamat mencoba tipsnya ya bunda 🙂 semoga anda terus berusaha menggali banyak informasi yang ada di bidantips.blogspot.com karena banyak hal menarik yang bisa anda terapkan sendiri di rumah untuk si dede bayi.

error: