Cara Merangsang Perkembangan Anak Bayi

Cara Merangsang Perkembangan Anak Bayi – Mendapatkan keturunan adalah rezeki yang tak ternilai harganya, dia yang Tuhan titipkan pada kita. Anak merupakan anugerah terindah yang orang tua miliki, ketika si kecil lahir di muka bumi betapa bahagianya kita sebagai orang tua melihatnya. Perkembangannya pun kita amati dari hari ke hari, bahkan setiap momen kita abadikan.

Sebagai perempuan kita sangat bangga dan merasa sangat sempurna apabila diberi kesempatan oleh yang maha kuasa untuk hamil, melahirkan serta membesarkan buah hati tercinta secara maksimal. Ada kalanya anda akan merasa bingung melihat perkembangannya, ketika membandingkannya dengan bayi orang lain. Namun setiap bayi memiliki tahapan berbeda-beda, walaupun fasenya secara umum sama. Ada yang terkadang lebih cepat, ada yang lambat ataupun normal saja. Anda tidak harus panik untuk itu.

Cara Merangsang Perkembangan Anak Bayi

Namun sebagai orang tua kadang kita khawatir dengan perkembangan bayi kita, tapi bunda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut dengan berupaya menjaga perkembangan si kecil karena anak itu perlu rangsangan dalam perkembangannya. Bagaimana caranya? Semuanya sudah kami siapkan untuk anda, inilah tips untuk merangsang perkembangan bayi yang bisa bunda terapkan.

A. Umur 0- 3 bulan

  • Sering memeluk bayi dan menimang bayi dengan penuh kasih sayang, agar bayi mersa terlindungi dalam dekapan bunda
  • Gantung benda berwarna cerah yang bergerak dan bisa di lihat bayi,seperti boneka – boneka yang berwarna cerah
  • Ajak bayi tersenyum dan bicara
  • Perdengarkan musik pada bayi, khususnya musik-musik klasik

B. Umur 3-6 bulan

  • Sering tengkurapkan bayi, apabilah bayi anda belum bisa tengkurap sendiri bantu dia dengan cara memiringkan badannya
  • Gerakkan benda ke kiri dan kanan, di depan matanya
  • Perdengarkan berbagai bunyi-bunyian
  • Beri mainan yang berwarna dan besar, mainan yang di berikan adalah mainan yang tidak membahayakan bagi bayi anda

Dua fase di atas memang cukup krusial karena badan si bayi masih harus kita lindungi secara maksimal. Misalnya lehernya yang masih lemah, tulang belakang bayi pun demikian. Ketika sampai di usia enam bulan mungkin anda sudah sedikit lega karena bayinya sudah bisa duduk manis sambil bermain dengan lucunya. Semoga tips di atas bermanfaat bagi bunda dan semoga si kecil tetap sehat dan lincah. Lanjutkan membaca cara mudah merawat bayi agar ilmu anda lebih sempurna dan sempurna pula jadi ibu yang baik.

error: