Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil – Ketika mengandung sebagian ibu tentu akan mengalami banyak keluhan. Hal tersebut mulai dari mual, muntah, sering buar air kecil, kaki keram bahkan sulit tidur di malam hari. Keadaan ini merupakan hal lumrah yang dialami ibu hamil namun perlu diketahui bahwa tidak semua ibu hamil mengalami hal tersebut.

Susah tidur pada malam hari menyebabkan ibu hamil merasa pusing dipagi atau siang harinya. Pada malam hari ibu yang susah untuk tidur biasanya akan mengalami kegelisahan yang akut yang sampai-sampai membuat bayi yang dikandungnya ikut terganggu. Susah tidur disebabkan oleh berbagai macam faktor misalnya pada saat siang atau sore hari intensitas waktu tidur ibu lebih lama sehingga malamnya menyebabkan susah untuk terpejam. Penyebab yang lain yaitu adanya masalah yang dipendam sendiri sehingga akan menjadi beban pikiran yang membuat ibu susah tidur dimalam hari. Itu adalah dua faktor penyebab susah tidur pada ibu hamil yang kerap terjadi, tapi masih ada hal lain yang mungkin bisa jadi penyebabnya.

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Kejadian semacam ini tidak boleh dibiarkan terus menerus terjadi karena selain mengganggu perkembangan janinnya juga menggannggu kondisi ibu sendiri. Apa yang harus dilakkan jika ibu hamil susah tidur? bidanTips tentu sudah punya solusi yang bagus untuk anda. Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan selalu berpikiran positif terhadap apa yang sedang dialami ibu sekarang, jika ada masalah selesaikan dengan komunikasi yang efektif dengan suami ataupun orang terdekat lainnya.

Selain itu, cara mengatasi susah tidur waktu hamil adalah dengan mengatur pola istrahat yang baik di siang hari, misalnya tidur di siang hari tidak lebih dari 2-3 jam. Sehingga pada malam hari kemunggkinan untuk susah tidur itu minim. Cara lainnya yang bisa diperhatikan yaitu faktor makanan dan minuman yang ibu cantik konsumsi. Jika ibu susah tidur dianjurkan untuk mengkomsumsi buah pisang karena buah tersebut mengandung kalium yang bisa menyebabkan rasa ngantuk, jangan mengkomsumsi minuman seperti kopi karena buat sebagian orang kopi dapat membuat mata melek saat pada waktu malam.

Lalu tips mengatasi susah tidur saat sedang hamil lainnya adalah mengkomsumsi buah-buahan ataupun minum susu saat malam hari akan membuat ibu jauh lebih nyaman dan memungkinkan untuk tidur. Buah yang baik untuk ibu hamil diantaranya yang mengandung vitamin A dan C. Jika cara alami seperti di atas sudah ibu lakukan namun tetap saja tidak dapat tidur berhari-hari saat malam maka segera konsultasikan ke bidan ataupun dokter terdekat. Bagi umat muslim silahkan baca Al-Qur’an sebelum tidur, karena ini juga sangat berkhasiat membuat ibu lebih lelap untuk tidur nantiya.

error: