Ngidam Pada Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Ngidam Pada Saat Hamil – Kehamilan merupakan berita yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri. Di Indonesia sendiri angka kelahiran membawa negara ini termasuk dalam negara yang memiliki angka yang tinggi.

Namun pada saat hamil berbagai macam keinginan sering dijumpai baik pada ibu yang sedang hamil maupun pada suami. Keinginan tersebut misalnya ngidam makanan, minuman, tempat rekreasi, belanja, cium wewangian bahkan ada yang sampai ngidam bau bahan bakar minyak seperti bensin maupun minyak tanah. Perasaan ini muncul pada ibu hamil yang disebkan oleh pemikiran atau sugesti yang terlalu dituruti untuk wajib dicapai.

Ngidam Pada Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

Sebenarnya mengidam itu bukan hal yang salah untuk dituruti namun jika ngidam sudah tidak wajar ataupun bisa mengganngu perkembangan bayi dan kesehatan ibunya seharusnya tidak usah. Terkadang ibu ada yang ngidam makan buah mangga yang wajib dibeli di kota asalnya seperti mangga Indramayu. Seorang yang ngidam biasanya meminta mangga yang benar-benar langsung dari Indramayu. Suami ataupun keluarga bisa kewalahan untuk mendapatkannya, tapi jika tidak diikuti kemauannya pun istri takut anaknya pas lahir ileran.

Kalau menurut teori tidak ada yang menjelaskan bahwa jika ngidam tidak dituruti akan membuat anak ileran, bahkan secara teori ngidam itu hanya sugesti saja yang bisa dihilangkan dengan melakukan kesibukan yang lain sehingga ibu tidak terus memikirkan hal-hal aneh yang diluar batas kemampuannya untuk diwujudkan. Jika ngidamnya hal yang wajar dan bisa disanggupi tidak apa-apa, tapi jangan sampai ngidam bau bahan bakar minyak seperti bensin karena dari sisi kesehatan aroma bahan bakar dapat mengganggu pernafasan serta paru-paru saat dihirup nantinya.

Lain lagi kalu ngidam dengan makanan, ibu-ibu perlu memperhatikan pantangan makanan untuk ibu hamil. Anda harus ekstra waspada karena bisa saja janin yang dikandung tergangu dan mungkin saja kalau masih hamil muda akan menyebabkan keguguran yang sangat tidak diharapan tentunya.

error: