Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama – Setiap ibu yang sedang menjalani masa kehamilan dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi selama mengandung. Makanannya tersebut bisa diperoleh dari buah-buahan atau sayuran yang sangat bermanfaat bagi ibu maupun janinnya.

Dalam masa kehamilan ada waktu-waktu tertentu makanan yang wajib diperhatikan untuk dikomsumsi. Seperti saat hamil muda atau pada kehamilan trimester 1 ibu hamil tidak boleh mengkomsumsi makanan buah nanas maupun duren. Mengapa demikian? Karena ini memicu terjadinya kontraksi. Saat hamil muda ibu diwajibkan untuk makan sedikit tapi sering seperti yang dianjurkan karena sebagaimana kita ketahui jika ibu hamil muda itu sangat sulit untuk makan karena masih dipicu mual dan muntah yang disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan itu sendiri.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan yang bisa dikomsumsi saat hamil muda misalnya buah alpukat yang mengandung banyak vitamin E, buah pisang yang mengandung kalium dan magnesium yang bisa membantu menahan lapar dan kandungan gizi yang baik bagi ibu hamil. Sebagaimana yang diketahui bahwa ibu hamil wajib makan makanan yang bergizi, jika ibu mengalami mual dan muntah tetap mengkomsumsi makanan seperti roti, minum susu serta buah-buahan yang menunjang gizi bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

Bagi ibu hamil diharapkan untuk mengkomsumsi makanan yang segar bukan makanan cepat saji yang banyak dijual di supermarket ataupun di pasar swalayan lainnya. Karena makanan cepat saji mengandung banyak pengawet atau MSG yang dapat merugikan kesehatan ibu maupun janinnya. Komsumsilah makanan rumahan yang dibuat sendiri, itu lebih dijamin kebersihannya dibanding harus membeli jajanan di luar yang tidak diketahui kadar higienitasnya serta bahan baku untuk membuatnya.

Ada satu hal yang kerap mengganggu para wanita saat mengandung yaitu ngidam pada saat hamil. Terkadang mereka menginginkan makanan yang sebenarnya tidak baik bagi janinnya. Untuk itulah para suami dan orang-orang terdekat dianjurkan untuk selalu mengawasi dan mengingatkan akan semuanya tetap terkendali dan aman hingga melahirkan.

Tags:

Makana sehat menggugah selera ibu hamil muda
error: