Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Tua

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Tua – Mempunyai anak merupakan cita-cita setiap pasangan sehabis menikah. Banyak pasangan suami istri yang mendambakan hal tersebut dan mungkin saja anda adalah salah satu orangnya.

Sempurnanya sebuah pernikahan jika telah hamil dan anak lahir serta tumbuh sesuai perkembangannya yaitu sehat dan cerdas serta berakhlak mulia. Saat hamil ibu wajib menjaga kehamilannya mulai dari minggu pertama hingga minggu-minggu akan menjelang persalinan. Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama hamil muda misalnya bekerja terlalu keras, letih, melakukan hubungan seksual sebelum kehamilan mencapai usia 16 minggu karena akan menyebabkan kontraksi yang berakibat pada keguguran atau abortus.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Tua

Sedangkan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada usia kehamilan tua yaitu usia kehamilan 38-40 minggu seperti bekerja terlalu keras hingga menyebabkan kontraksi dini, bepergian jauh karena kelelahan juga dapat menyebabkan kontraksi yang beresiko pecahnya air ketuban. Saat hamil tua boleh melakukan hubungan seks dengan memperhatikan keadaan ibu. Pada saat hamil tua perut ibu akan semakin besar oleh karena itu posisi saat melakukan seks juga sangat penting sehingga ibu merasa nyaman.

Hal yang lain yang tidak boleh dilakukan yaitu meminum ramuan atau jamu yang sebagian orang menganggap dapat memperlancar persalinan nantinya. Ramuan atau jamu yang diminum tanpa anjuran dokter memang sebagian besar memberikan efek mules saat akan bersalinan namun mules yang diciptakan tidaklah alami sehingga rahim berkontraksi tanpa henti dan dapat menyebabkan perdarahan saat persalinan berlangsung. Ini akan bahaya bagi si ibu dan jabang bayi yang dikandungnya kalau tidak ditangani secara tepat.

Pada kehamilan tua juga ibu dianjurkan untuk mengkomsumsi makananan rendah garam karena akan memicu tingginya kadar protein dalam urine yang ditandai dengan kaki bengkak, sering pusing dan lain-lain. Kaki bengkak pada umumnya ibu hamil juga merasakan namun bila sudah disertai dengan pusing bahkan kejang sekalipun itu sudah fatal karena lambat ditangani akan menyebabkan syok.

Untuk itu disampaikan pada ibu hamil tua untuk tidak melakukan dan mengkomsumsi makanan dan minuman yang bisa mengganggu kehamilannya. Karena masa kehamilan tua itu bisa juga dikatakan sudah aterm tinggal hanya menunggu tanda-tanda memasuki persalinan. Batas menanti persalinan yaitu hingga 42 minggu jika tidak juga ada tanda-tanda maka dianjurkan untuk diinduksi maupun di SC atau operasi caesar.

error: