Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Hamil atau Melahirkan

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Hamil atau Melahirkan – Saat hamil peningkatan berat badan sangat drastis atau signifikan terjadi. Hal itu membuat sebagian besar ibu hamil stres duluan sebelum melahirkan gara-gara memikirka bagaimana penampilan dia nantinya. Setelah melahirkan juga akan menjadi pemikiran ekstra untuk cara menurunkannya dengan cepat.

Diet tidak disarankan untuk ibu pasca melahirkan karena akan mempengaruhi jumlah air susu yang dihasilkan serta akan membuat ibu lemas karena sepanjang malam begadang dan nutrisi yang masuk juga semakin berkurang dikarenakan oleh program diet tersebut. Lalu bagaimana cara yang efektif untuk menurunkan berat badan setelah seorang wanita hamil atau setelah melahirkan? Itu adalah pertanyaan klasik yang ada di benak hampir semua wanita yang telah merasaka proses atau masa tersebut. Di sini bidanTips sudah punya sedikit informasi penting dangat bermanfaat yang dapat ibu-ibu terapkan atau jadikan sebagai referensi.

Info Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Hamil atau Melahirkan

Cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan pasca hamil yaitu dengan cara alami menyusui secara adekuat serta rajin berolah raga. Jika ibu rajin menyusui maka akan mempercepat kembalinya rahim dalam keadaan semula seperti saat belum terjadi hamil. Bayi yang disusui secara adekuat akan memicu terjadinya kontraksi uterus yang baik dan ini sangat baik untuk mengecilkan rahim yang lama kelamaan akan membuar perut anda semakin kecil. Untuk olah raga mungkin agak susah dilakukan oleh ibu pasca melahirka karena waktu yang dimiliki terbatas dengan mengurus anak dan si buah hati.

Tapi jangan khawatir olah raga bisa dilakukan dengan sederhana seperti berlari pagi sekitar 30-60 menit atau bahkan melakukan senam nifas jika memungkinkan. Jenis olahraga yang sedang ramai diperbincangkan oleh kaum hawa pasca hamil dan melahirkan yaitu dengan yoga. Yoga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sebagai cara menurunkan bb setelah melahirkan, jika ibu tidak mempunyai waktu luang untuk ke tempat yoga maka bisa dilakukan dengan memanggil instruktur yoga ke rumah agar waktu lebih fleksibel.

Jangan sekali-kali diet tanpa konsultasi pada ahli gizi terlebih dahulu karena akan merugikan ibu sendiri dan anak yang sedang menyusui. Saran bidanTips adalah hanya ibu wajib menyusui secara adekuat yang akhirnya lambat laun berat badan akan menurun dan kembali seperti semula seperti sebelum hamil. Jangan memikirkan berat badan yang ideal saja tapi perlu lebih memperhatikan apakan jumlah ASI yang diberikan pada bayi anda sudah tercukupi atau kurang. Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kita semua ya bun, jangan lupa berbagi info menarik ini di sosial media milik bunda ya.

error: