Tips Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Lahir Prematur

Tips cara menaikkan berat badan bayi lahir prematur – Kalau anda adalah seorang ibu yang mendapatkan persalinan secara tidak normal, mungkin pada waktu yang agak cepat dari jadwal seharusnya. Silahkan disimak informasi dari bidanTIPS kali ini khusus bagi ibu-ibu cantik dan baik hati yang sedang memiliki momongan baru.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir belum cukup bulan sehingga organ tubuh belum berfungsi secara sempurna dan berat bayi yang dilahirkan secara prematur kurang dari 2500 gram. Penyebab bayi lahir orematur karenanya adanya gangguan kehamilan seperti Ketuban Pecah Dini, kontraksi dini serta adanya kelainan pada palsenta. Namun tidak pelu bingung dan khawatir jika melahirkan secara prematur. Bayi lahir prematur belum tentu akan mengalami pertumbuhan yang terhambat setelah lagi, karena banyak yang lahirnya dibawah normal namun sehat dan tumbuh secara baik dan sempurna

Tips Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Lahir Prematur

Prematur tidak jauh dari kata kurang berat badan. Bayi tersebut akan terlahir kecil dibawah normal namun akan tetap diusahakan untuk menaikkan berat badannya melalui pemberian ASI ataupun susu formula khusus bayi prematur. ASI sebaiknya diberikan secara terus menerus untuk emmenuhi kebutuhan si bayi. Dosis dalam pemberian ASI yang baik adalah minimal 60 cc tiap 2 jamnya begitu pula untuk susu formula. Jika ASI yang diberikan melalui menyusui tanpa dot maka usahakan menyusui minimal 15 menit sekali

Jika ASI tidak dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan si bayi maka bisa ditambah dengan susu formula khusus yaitu yang mengandung AHa. Harga susu ini jauh lebih mahal dibanding susu biasa untuk bayi berat badan normal. Hitunglah tiap kali anda memberiakn susu pada si bayi jam maupun takaran susunya. Pastikan dalam 1 hari bayi anda minum sebanyak 600 cc minimalnya.

Perawatan bayi prematur berbeda dengan bayi pada umumnya. Pastikan bayi dilengkapi dengan lampu penghangat disekitar tempat tidurnya untuk menjaga suhu bayi tetap hangat. Jauhkan dari kipas angin maupun ac, karena sebagaimana kita ketahui bayi prematur memiliki paru-paru yang belum berfungsi secara sempurna.

Bukan hanya artikel di atas yang bis anda baca mengenai kelahiran bayi dengan kondisi demikian. Kami juga sudah mengulas sedikit mengenai cara merawat bayi prematur secara umum. Bukan perkara mudah untuk melakoni pekerjaan sebagai orang tuan yang bayinya lahir sebelum wakttunya, bahkan banyak orang mendatangkan bidan ke rumahnya untuk membantu.

error: