Cara Mengobati Flu dan Demam Pada Bayi

Cara mengobati flu dan demam pada bayi – Saat si buah hati yang mungil sedang sakit, kita sebagai orang tua akan merasa sangat sedih sekali bahkan sampai mengeluarkan air mata. Terkadang kita berpikir biarkan saja sakitnya menimpa orang yang lebih dewasa.

Bayi yang masih kecil dan belum mampu mengungkapkan rasa sakit yang diderita membuat kita ekstra keras untuk membuatnya cepat sembuh. Saat sekarang cuaca sangat buruk sehingga penyakit flu maupun demam sering menimpa orang dewasa, anak-anak bahkan bayi kita. Flu bisa disebabkan karena faktor daya tahan tubuh bayi yang sedang menurun.

Cara Mengobati Flu dan Demam Pada Bayi

Bayi sangat cepat terjangkit flu jika orang di sekitar dia ada yang lebih dulu terkena. Untuk itu jika ada orang di sekitar bayi yang sedang sakit maka jauhkan dari si bayi atau pergunakan masker jika dekat dengannya. Tapi apalah daya jika bayi sudah terkena flu atau demam? Langkah yang bisa diambil yaitu tanpa menggunakan obat dengan cara menjemur bayi tanpa busana tiap pagi hari sebelum jam 8 pagi kurang lebih 45 menit, beri ASI sebanyak mungkin untuk menurunkan demamnya, kompres dengan mengunakan air dingin pada kening bay. Saat dimandikan mandikan dengan menggunakan air hangat, jika demam terlalu tinggi maka disarankan untuk tidak dimandikan

Sangat disayangkan jika bayi yang masih kecil sudah terkontasinasi dengan bahan kimia yang tercampur dalam obat, maka sebaiknya diobati dengan cara diatas saja. Namun jika demam masih saja berlanjut dan flu tidak kunjung sembuh maka dianjurkan untuk datang ke pelayanan kesehatan terdekat. Biasanya dokter memberikan sanmol drop sebanyak 2-3 tetes per 8 jam, jika panas terlalu tinggi bisa diberikan selama 4 kali dalam 24 jam. Untuk obat flu biasa diberikan asthin 1 tetes saja perhari. Usahakan bayi hanya mengkomsumsi ASI saja selama bayi flu dan demam.

Simak juga artikel bidanTIPS mengenai cara mengatasi diare pada bayi yang pernah kami ulas beberapa hari yang lalu. Semoga si buah hati tetap dalam keadaan baik-baik saja dan anda sebagai orang tua tidak merasa cemas melihat kondisi. Makin sehat lingkungan anda maka makin jauh pulan anak-anak tersebut dari penyakit.

error: