Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi – Mungkin anda sudah mengetahui apa itu diare? Adalah keluarnya tinja maupun feses secara terus menerus yang dapat menyebabkan kekurangan elektrolit serta cairan yang banyak. Seseorang bisa dikatakan mengalaminya jika buang air besar lebih dari lima kali dalam sehari.

Jika bayi mengalami diare biasanya tinja ataupun feses yang dikeluarkan encer bahkan hanya cairan kuning maupun hijau dan kadang juga disertai dengan sedikit darah. Penyebab diare umumnya karena faktor makanan yang tidak bisa diterima oleh tubuh misalnya makanan yang terlalu pedas, makanan yang terlalu asam dan lain-lain. Diare pada bayi bisa disebabkan oleh lingkungan sekitar bayi misalnya botol susu ataupun perlengkapan makan dan minum yang tidak bersih. Penyebab yang lain seperti pemberian susu formula yang tidak sesuai dengan kondisi si mungil atau bisa dikatakan alergi dengan susu.

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Bayi yang mengalami diare harus cepat ditangani karena kekurangan cairan dan elektrolit akan berakibat fatal pada si bayi itu sendiri. Saat diare usahakan hanya memberikan ASI saja pada bayi anda, hindari pemberian susu formula yang berlebih atau boleh menggunakan susu formula namun takarannya harus lebih encer dari pada yang seharusnya. Itu adalah salah satu tips mengatasi diare pada bayi namun masih ada yang lainnya.

Bayi yang diare tanpa henti akan menyebabkan dia lesuh dan lemas bahkan malas untuk menyusu pada ibunya, untuk itu segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya pada kasus seperti itu bayi akan mendapatkan oralit, namun sekarang sudah jarang dipergunakan. Obat yang sering digunakan yaitu lacto-B atau L-Bio, yang diberikan satu saset per 8 jam. Obat ini bisa ditemukan di apotik dan dibeli secara bebas, mungkin ada merek lain yang bisa anda percaya dan disarankan oleh dokter, bisa anda gunakan juga (ini bukan promosi, hanya diambil berdasarkan pengalaman sang bidan).

Diare akut biaanya disertai dengan pengeluaran darah pada feses dan lecet pada lubang anus si bayi, untuk anus yang lecet usapkan salep bepanthen atau micozet 3-5 kali serhari. Salep ini juga dapat dibeli bebas di apotik tanpa resep dokter sekalipun. Sangat miris memang jika mengetahui bayi kita mengalami diare untuk itu perhatikan setiap makanan maupun minuman yang masuk ke mulutnya. Jangan sampai makanan maupun minuman yang diberikan menggunkan alat yang kontor atau belum steril. Adapun cara steril yang baik untuk alat tersebut yaitu dengan cara direbus 30-60 menit pada air hangat/panas tergantung bahan yang digunakan oleh alat tersebut. Sekian cara mengobati mencret pada bayi, semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu cantik yang sedang galau menghadapi sistuasi seperti ini.

Tags:

Bayi asi diare terus sampai lubang anus lecet
error: