Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Caesar

Persiapan Sebelum Menjalani Oprasi Caesar – SC (Oprasi caesar) tidak asing lagi di telinga para ibu hami. Zaman sekarang tindakan pembedahan ini sering dilakukan dirumah sakit swasta maupun rumah sakit negeri di Indonesia. Namun banyak hal yang perlu disipakan sebelum pasien memasuki kamar oprasi untuk melakukan tindakan pembedahan

Dari nama tindakannya saja operasi ini dilakukan dengan cara membedah daerah perut perut ini sejajar dengan pintu panggul. Sebelum pembedahan dilakuan beberapa hal yang perlu disipakab baik buat pasien maupun tenaga kesehatan yang akan melakukan tindakan oprasi tersebut. Hal yang paling penting adalah surat persetujuan dari pasien untuk tindakan ini. Persetujuan ini sebagai badan hukum jika sewaktu-waktu pasien meninggal atau terjadi masalah setelah dilakukannya tindakan operasi.

Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Caesar

Pasien harus puasa minimal 8 jam sebelum tindakan, cek laboratorium untuk darah rutin dan masa pembekuan maupun masa pengenceran darah serta cek lab lainnya. Pasien yang akan dioperasi harus dicukur di daerah perut sejajar dengan pintu panggul hingga ke labia sampai anus untuk menjaga kebersihan daerah tersebut pada saat akan dibedah. Pasien harus terpasang infus terlebih dahulu, dan diberikan anti biotik. Pemberian anti biotik harus di tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pasien alergi paad obat tersebut atau tidak. Jika alergi obat akan diganti, itulah tahapan awal persiapan jika ingin dioperasi caesar.

Pastikan pasien melepas semua perhiasan yang melekat pada wajah maupun yang melekat pada tubuh. Sebaiknya pasien yang akan dioprasi tidak mengguanakn make up agar wajah bisa terlihat alami jika sewaktu-waktu pasien kekurangan darah atau syok saat berada di atas meja operasi.

Gunakan peralatan sekali pakai saja atau benar-benar steril sebelum melakukan tindakan pembedahan. Karena jika melenceng sedikit akan berakibat fatall bagi pasien dan bayinya. Buat pasien yang akan melakukan oprasi, persiapkan mental karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat dilakukan operasi. Tidak usah tegang, hanya perlu berserah diri dan banyak berdoa. Agar lebih siap lagi, silahkan simak ulsana kami terdahulu tentang penyebab persalinan harus melalui operasi caesar. Ini bisa menjadi sedikit pencerahan bagi ibu-ibu hamil yang siap untuk melahirkan.

Tags:

cek lab sebelom sc
error: