Makanan dan Minuman Untuk Memperlancar ASI

Makanan dan Minuman Pelancar ASI – Air Susu Ibu merupakan makanan bagi bayi yang sangat bermanfaat untuk perkembagan fisik maupun emosionalnya. Semua ibu sangat menginginkan bayi dapat diberi asupan ASI secara terus menerus hingga 3 tahun atau minimal 6 bulan sesuai anjuran.

Kandungan ASI diproduksi oleh seorang wanita yang dipengaruhi hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi. Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan dan perkembangan tubuh bayi melawan penyakit. Banyak ibu habis melahirkan sudah stress duluan karena ASI-nya tidak keluar setelah melahirkan. Jangan cemas karena air susu anda akan berproduksi dengan sendirinya 2-3 hari setelah melahirkan si buah hati yang imut tersebut.

makanan dan minuman untuk memperlancar ASI

Apa saja makanan dan minuman yang dapat melancarkan ASI? Tak usah jauh dan susah untuk mempersiapkannya, ibu hamil cukup minum air putih maupun susu agar asi lancar keluar. Seorang ibu wajib rajin minum agar asi dapat berproduksi setiap saat. Selain itu konsumsi sayuran berwarna hijau seperti daun katuk, daun pepaya, maupun buah pepaya muda yang bisa dimasak dengan kacang hijau untuk dikomsumsi sebagai sayuran

Adapula yang paling mudah, konsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah maupun kacang kedelai. Jika tidak mau repot oseng-oseng kacang tanah dalam jumlah yang banyak lalu simpan pada wadah sehingga bisa dikomsumsi setiap saat. Jangan sekali-kali mengonsumsi jamu-jamuan karena itu bisa mnyebabkan ASI menjadi kering.

Ibu-ibu yang sudah melakukan tips diatas pasti akan memperoleh ASI sebanyak-banyaknya. Jika ASI sudah menumpah jangan malas untuk menyusui bayi minimal 15 menit sekali. Bayi dianjurkan disusui setidaknya 2 jam sekali, jika bayi malas menyusui rangsang bayi agar bisa menyusu. Jika payudara mulai bengkak karena ASI yang sudah sangat banyak simpan pada wadah yang kedap udara sehingga bisa bertahan lama.

Selamat mencoba ibu-ibu cantik, jangan putus asa. Berikan yang terbaik buat si Buah Hati. Bagi yang bayinya masih dalam kandungan, boleh membaca artikel BidanTips mengenai bahaya dan manfaat berhubungan intim saat hamil, ini penting bagi ibu-ibu muda yang masih punya hasrat lebih tinggi dan tidak ingin mengecewakan si suami.

error: