Cara Merawat Bayi Prematur

Cara Merawat Bayi Prematur – Apakah yang dimaksud dengan bayi prematur? Adalah bayi yang lahir belum cukup usia masa kehamilan. Umumnya memiliki berat badan rendah atau dibawah normal yaitu kurang dari 2500 gram. Penyebabnya karena adanya kontraksi pada masa kehamilan dimana kehamilan tersebut belum cukup waktu, sehingga ibu melahirkan belum pada bulannya

Banyak orang yang bingung dalam merawat bayi prematur karena merasa bayinya kecil sehingga takut untuk mengurusnya. Bayi lahir prematur umumnya dirawat beberapa hari dirumah sakit ataupun ditempat-tempat kesehatan lainnnya sebelum dipulangkan kerumah. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang mungkin saja berakibat tidak baik bagi kesehatan sang buah hati.

Cara Merawat Bayi Prematur

Saat bayi sudah dirumah beberpa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu : bayi prematur diletakkan pada suhu kamar yang tidak boleh terlalu dingin. Gunakan bedong yang hangat untuk menjaga suhu bayi agar tetap terjaga. Sediakan lampu sorot dikamar bayi untuk mnghangatkan bayi, lampu sorot ini juga berfungsi sebagai alat pengganti inkubator yang ada pada rumah sakit. Berikan minum pada si bayi tiap 2 jam sekali sebanyak 20-60 cc. Perhatikan pernafasan bayi, pastikan dada bayi tidak tertekan kedalam karena itu akan menyebabkan retraksi pada bayi. jika hal itu terjadi segera bawa buah hahti anda ke pelayan kesehatan terdekat

Tidak sulit kan dipraktekkan dalam tutorial merawat bayi prematur. Pastikan bayi sebelum pulang kerumah untuk menyiapkan alat-alat seperti diatas terlebih dahulu. Bayi prematur belum tentu akan kecil, penuhi nutrisi bay anda dengan memberikan asi esklusif ataupun susu formula khusus. Semoga bermanfaat ya bun. Nikamati setiap momen bersama bayi anda, bangun kebersamaan yang harmonis sehingga si buah hati bisa tumbuh besar dengan baik dan sehat.

Bagi yang masih bingung dengan apa yang bidan tips jelaskan di atas, anda juga bisa menyimak posting kami sebelumnya tentang cara merawat bayi yang baru lahir. Padukan dengan yang barusan anda baca, sehingga semuanya bisa dimengerti dan berjalan dengan lancar.

error: