Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa?

Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa? – Dijaman yang modern ini banyak ibu yang menyusui anak sambil bekerja. Namun betapa repotnya jika anak harus ditinggal dirumah, sedangkan ASI eksklusif sangat penting untuk diberikan pada anak.

Banyak wanita karir yang sudah terbiasa dikantor untuk memompa ASInya untuk diberikan pada anak jika mereka sedang bekerja dikantor. Terkandang mereka memompanya di rumah ataupun dari kantor kemudian dikirim dengan menggunakan kurir khusus yang sudah mulai banyak ditemukan di perkotaan. Ini adalah salah satu alternatif bagi anda yang punya kesibukan tapi masih tetap ingin memberi si buah hati ASI eksklusif.

lama ASI bisa bertahan setelah diperas

Tidak usah khawatir air susu yang dipompa lalu dimasukkan kedalam kulkas khusus untuk menyipkan ASI bisa bertahan dalam waktu beberapa bulan. Jika tidak ada simpanlah ASI kedalam wadah yang kedap udara, masukkan kedalam kulkas/freezer, ini akan bertahan hingga 6 bulan lamanya. Jika tidak disimpan di freezer ASI akan bertahan hingga 12 jam (tetap di dalam kulkas), jika diluar kulkas akan bertahan hingga 6-8 jam saja.

Kesalahan yang sering dilakukan ibu menyusui saat memompa ASI yaitu wadah untuk menampung ASI menggunakan botol kaca untuk menyimpannya ke dalam kulkas, sebenarnya hal itu salah. Wadah yang paling cocok digunakan adalah plastik khusus untuk menampung ASI (berwarna bening) yang ujungnya ada perekatnya. Kenapa harus plastik? Itu karena botol kaca akan membuat pori-pori terbuka sehingga bakteri bisa masuk kedalam ASI, selain itu lama kelamaan dikulkas akan membuat botol akan pecah.

Plastiknya hampir mirip dengan kantong darah PMI saat transfusi darah, pasti anda sudah pernah melihatnya. ASI sama seperti darah jadi akan lebih baik dan bertahan lama jika dimasukkan kedalam plastik khusus tersebut. Jika ibu tidak mempunyai kulkas dirumah untuk penyimpanan, anda bisa menyewa kulkas kecil khusus untuk menampung ASI.

Ada satu artikel menarik yang ibu-ibu cantik perlu baca, karena ini cukup bermanfaat bagi yang kehamilannya sangat beredekatan yaitu bahaya dan manfaat menyusui saat hamil. Biasanya wanita yang punya tingkat kesuburan yang tinggi sering mengalami hal seperti ini, anda tidak perlu cemas akan hal tersebut.

Tags:

asi dalam botol kedap udara bertahan berapa lama
error: