Bahaya Stress Pada Saat Hamil

Bahaya Stress Saat Hamil – Masa kehamilan yang disertai perasaan stress merupakan salah satu akibat yang terjadi akibat tekanan pada emosional seseorang. Orang yang mengalami hal ini banyak dijumpai di kota-kota besar maupun kota kecil yag penyebabnya oleh berbagai macam faktor. Dampak yang ditimbulkan pun akan bermacam-macam tergantung penyebab dan kondisi sang ibu.

Beberapa faktor penyebab stress pada ibu hamil umumnya karena adanya masalah keluarga, pekerjaan dan adanya masalah ekonomi. Kali ini kita akan membahasnya sedikit untuk memberi pencerahan padi ibu-ibu cantik yang lagi bingung mencari referensi yang tepat untuk megatasi masalahnya.

Seseorang yang mengalami stress pada masa kehamilan biasanya terjadi pada saat hamil tua. Biasanya disebabkan karena saat menuju kelahiran sedang jauh dari keluarga bahkan ada yang jauh dari suami. Itu yang membuat seorang ibu biasa mengalami stress. Tidak adanya orang-orang terdekat pada saat akan memasuki proses kelahiran pada mada masa kehamilan tuanya. Dibutuhkan cara menghilangkan stress saat hamil agar semuanya berjalan lancar.

Belum lagi ibu hamil yang stress karena kehamilan pertama sehingga merasa takut dalam menghadapi proses persalinan nantinya. Stress pada hamil perlu dihindari bahkan tidak boleh terjadi karena akan berdampak buruk bagi dan janin yang dikandungnya. Bahaya yang akan ditimbulkan antara lain adanya beban psikologis sehingga tidak memperhatikan lagi kesehatan dirinya seperti tidak lagi memperhatikan asupan makanan dan pola istirahat saat menjalani kehamilan, hal ini akan berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya

Stress pada saat hamil muda sebenarnya juga perlu dihindari karena akan menyebabkan sesuatu yang negatif juga. Ada kalanya calon janin yang dikandung gugur sebelum jadi, tapi resiko ternyata lebih besar pada ibu yang sudah memasuki kehamilan tua karena langsung berdampak pada bayi yang dikandungnya.

Dampak atau akibat yang bisa ditimbulkan bagi janin yaitu akan mengalami stress juga atau biasa dikenal dengan fetal distress. Fetal distress biasanya dimulai dengan gerakan bayi dalam perut berkurang, denyut jantung bayi juga tidak normal yaitu dibawah 120 kali permenit atau diatas 160 kali permenit. Selain itu ibu hamil yang mengalami stress biasanya akan menglami kontraksi dini, yaitu adanya rasa mules dini sebelum memasuki proses persalinan. Untuk itu dihimbau kepada ibu hamil untuk menghindari stress saat masa hamil muda atau tua karena dampak yang sangat buruk tersebut diatas.

Jadi jalani kehamilannya dengan rasa bahagia, santai dan penuh rasa gembira untuk kesehatan ibu dan janinnya. Itu adalah cara terbaik atau tips mengatasi stress saat hamil paling mudah anda lakukan tanpa perlu bergantung kepada orang lain. Namun mendekatkan diri kepada Tuhan dan orang-orang yang disayangi juga sangat penting. Bagi anda yang sudah melahirkan si buah hati, coba disimak tips dari bu bidan lainnya yaitu cara merawat tali pusar bayi baru lahir, ini juga penting bagi kesehatan si kecil yang sedang lucu-lucunya.

error: