Bahaya Mengedaan Saat Buang Air Besar Waktu Hamil

Bahaya Mengedan Saat BAB Waktu Hamil – Buang Air Besar normalnya dilakukan setiap hari dan setiap pagi. Sebagian orang terbiasa melakukan hal itu setiap ia terbanun dari tidur semalaman. Bagi ibu hamil juga hal itu normal-normal saja.

Namun terkadang ada juga ibu hamil yang mengalami BAB kurang lancar bahkan baung airnya yang agak keras dan susah untuk dikeluarkan. Ibu hamil yang susah untuk mengeluarkan tidak boleh mengedan terlalu kuat karena akan menyebabkan adanya dorongan pada perut sehingga organ-organ dalam perut juga akan melemah. Ditakutkan dengan mengedan terlalu kuat akan membuat air ketuban pecah karena tekanan perut yang kuat.

Selain itu mengedan terlalu kuat saat hamil juga akan menyebabkan otot-otot pada anus keluar dan melemah ini bisa menyebabkan ambien pada ibu. Ibu yang ambien sudah parah akan berdampak buruk juga karena akan menimbulkan rasa sakit pada ibu, untuk duduk dan berjalan pun ibu akan merasa sakit. Untuk itu dianjurkan bagi kita semua khususnya bagi ibu hamil untuk memperhatikan betul makanan yang dikomsumsinya. Usahakan mengkomsusmsi makanan yang banyak mengandung serat seperti pepaya, mangga, melon dan lain-lain. Perbanyak mengkomsumsi air putih khususnya saat bangn tidur.

Ada pendapat yang mengatakan mengkomsumsi buah pisang dapat memperlancar BAB, itu salah besar. Mengkomsumsi buah pisah bahkan akan membuat seseorang sembelit atau susah buang air besar. Jika kita sudah bosan untuk memakan buah setiap harinya, buatlah jus agar tidak bosan. Sebagai selingan dalam artikel kali ini, silahkan simak bahaya keputihan saat hamil.

Bagi ibu-ibu cantik jangan mengedan terlalu kuat saat hamil, hindari susah buang air besar dengan mengkomsumsi sayuran dan banyak minum air putih serta mengkomsumsi buah yang tepat. Jika ibu sudah mengalami ambein bahkan susah untuk duduk segeralah ke dokter untuk meminta pengobatan yang tepat bagi anda. Jangan mengkomsumsi obat-obatan maupun jamu diluar resep dokter karena bagi ibu hamil sangat rentan dengan obat-obatan yang bisa menghambat perkembangan janinnya dan mempengaruhi kehamilannya.

error: